Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/10/2019 14:13 WIB

Sebanyak 33.500 Warga Tambun Selatan Belum Punya e-KTP

Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi e-KTP
CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi menyebut Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi paling banyak penduduknya yang belum memiliki e-KTP.
 
Kabid Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Giri Waluyo mengatakan sebenarnya masyarakat sudah melakukan perekaman e-KTP, hanya saja karena keterbatasan blanko sehingga mereka belum memiliki e-KTP.
 
"Warga yang datanya Print Ready Record (PRR) sama sekali belum memiliki e-KTP, namun sudah melakukan perekaman data dan biometri," ujarnya di Ciakrang, Senin (14/10).
 
Berdasarkan data, jumlah warga yang belum memiliki KTP-el terbanyak ada di Kecamatan Tambun Selatan dan terkecil di Kecamatan Muaragembong. 
 
"Kalau di Kecamatan Tambun Selatan masih ada 33.500 lebih yang belum punya e-KTP. Sementara, jumlah warga yang belum dicetak e-KTP sebanyak 59 ribu yang tersebar di 23 kecamatan," ungkapnya.
 
Meski belum ada blanko, tetapi pihaknya mendorong agar warga melakukan perekaman, karena hal itu sangat penting dalam kepengurusan administrasi kependudukan, khususnya bagi warga pendatang.
 
Belum adanya blanko e-KTP itu, warga terpaksa hanya diberikan surat keterangan (suket) untuk identitas mereka.
 
Giri menambahkan, untuk alokasi jumlah blanko e-KTP saat ini juga tengah dibatasi oleh Kementrian Dalam Negeri, sehingga pihaknya hanya sedikit melakukan pencetakan di kecamatan.
 
"Saat ini alokasi pendistribusian blanko e-KTP hanya diberikan 20 sampai 30 blanko setiap dua pekan sekali," katanya.**
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 349 Kali
Berita Terkait

0 Comments