Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 12/10/2019 12:26 WIB

Mengenal 5 Rempah Unik dan Langka di Indonesia

Andaliman
Andaliman
JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang terkenal karena kekayaan rempah-rempahnya. Kekayaan khazanah rempah Indonesia itu bahkan menyebabkan bangsa-bangsa di Eropa menjajah Nusantara dalam kurun waktu yang sangat lama.
 
Dari sekian banyak jenis rempah, ada beberapa rempah yang dinilai unik dan cukup sulit ditemukan. Menurut salah satu pendiri Akademi Kuliner Indonesia, Lila Muliani, kelangkaan itu dipengaruhi oleh minimnya permintaan dari masyarakat atau penggunaan rempah tersebut yang tidak meluas ke berbagai daerah di Indonesia.
 
 
Botor
Jenis rempah ini biasanya digunakan untuk bumbu rempah pada masakan betawi. Botor termasuk keluarga kacang-kacangan yang berasal dari kecipir. Botor memiliki bentuk yang bulat dan berwarna hitam.
 
Di beberapa daerah lain seperti Sumatra dikenal sebagai kacang belimbing. Sedang di Jawa Barat disebut Jaat, di Bali dikenal sebagai kelongkang dan lainnya.
 
“Botor ini agak cukup susah untuk dicari. Kenapa? Karena tidak ada yang minat beli,” kata Lila saat ditemui di Pekan Kebudayaan Nasional, Istora Senayan Jakarta.
 
 
Temu Mangga
Seperti halnya Botor, temu mangga juga merupakan jenis rempah yang biasa digunakan untuk masakan betawi misalnya Laksa Betawi. Bentuk temu manga mirip dengan kunyit, namun warnanya lebih pucat dan aromanya segar seperti buah mangga keweni.
 
 
Tai Angin
Jangan salah paham dulu, meski namanya tai angin namun rempah ini bisa menambah citarasa khas pada masakan. Tai angin adalah benalu yang berbentuk sulur dan berwarna kuning, biasanya digunakan untuk memasak sayur babanci atau ketupat babanci.
 
“Rempah tai angin ini sudah cukup langka. Kalau saya misal cari-cari ke pasar, sudah sangat sulit dapatnya. Dan memang sayur babanci khas Betawi juga sudah agak jarang ditemukan ya,” kata Lila.
 
 
Andaliman
Masih sedikit orang yang tahu tentang rempah bernama Andaliman, sebab rempah ini biasa digunakan di daerah Sumatera Utara saja. Makanya andaliman dikenal juga sebagai merica batak.
Citarasa andaliman cukup unik dan kuat. Rempah ini biasanya digunakan untuk memasak ikan arsik.
 
“Tapi sebenarnya di daerah Makassar juga rempah ini cukup dikenal. Biasa digunakan untuk masak seafood di Makassar,” kata dia.
 
 
Asam Gelugur
Seperti halnya andaliman, asam gelugur juga cukup dikenal di daerah Sumatra Utara saja. Di daerah Jawa asam jenis ini tidak terlalu dikenal.
 
Asam gelugur sebenarnya adalah pohon penghasil asamnya. Selain dijadikan rempah masakan, asam gelugur juga sering dimanfaatkan untuk manisan.
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Republika Online
- Dilihat 331 Kali
Berita Terkait

0 Comments