Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 11/10/2019 15:38 WIB

Jaminan Kesehatan yang Lengkap Tanpa Diskriminasi

Alecia Agatha
Alecia Agatha
BEKASI, DAKTA.COM - Menjadi mahasiswa yang aktif disalah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu kegiatan positif yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Tuntutan belajar dan berorganisasi yang padat tak jarang mengakibatkan seseorang menjadi kurang memperhatikan kesehatannya. 
 
“Ikut kegiatan organisasi di kampus karena memang saya suka dengan kegiatan yang ada di dalamnya. Pernah waktu itu kebetulan ada acara organisasi yang sangat menyita waktu hingga aku pun drop kemudian jatuh sakit di tempat acara," jelasnya  Alecia Agatha (23).
 
Alecia menuturkan bahwa ketika jatuh sakit tersebut, ia pergi ke klinik tempatnya terdaftar untuk berobat. Ia mengatakan sangat bersyukur telah mengikuti Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tanpa mengeluarkan biaya ketika berobat ke klinik tersebut.
 
Ia mengatakan bahwa orang tuanya masih bekerja sehingga dirinya pun masih ditanggung iurannya oleh orangtuanya, namun apabila sudah tidak ditanggung pun dirinya akan segera mendaftar peserta mandiri.
 
“Awalnya ragu mau berobat karena saat itu kondisinya tidak ada uang lagi, namun karena kondisi yang mengharuskan untuk berobat sehingga mau tidak mau datang ke klinik, nah ternyata pas sampai di klinik memang udah ga ngeluarin duit lagi, cukup tunjukin kartu JKN-KIS nya aja. Aku bersyukur sih pemerintah sekarang udah sangat memperdulikan masyarakatnya. Karena ada kalanya ketika kita sakit lagi ga punya uang sama sekali,” tuturnya.
 
Ia berpendapat bahwa pada saat ini pengelolaan jaminan kesehatan sudah cukup baik, contohnya saat ketika masyarakat sakit, bisa langsung ditangani. Oleh karena itu Alecia menyarankan masyarakat agar segera mendaftarkan dirinya dan anggota keluarga lainnya untuk menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
“Aku kira yang di gratiskan tuh cuma biaya konsultasi sama dokternya aja, namun untuk obat nya harus bayar. Eh, ternyata gratis semuanya gak perlu bayar apa-apa lagi. Aku sih menyarankan buat masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan segera mendaftarkan diri, karena dengan menjadi bagian dari peserta Program BPJS Kesehatan banyak manfaat yang akan didapat seperti hal yang saya tuturkan barusan," tutupnya. (Adv)
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 304 Kali
Berita Terkait

0 Comments