Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 07/10/2019 11:14 WIB

Daftar Selagi Sehat dan Bayar Iuaran Agar Tenang

Acep Munawar
Acep Munawar
BEKASI,DAKTA.COM - Mahalnya berobat di rumah sakit membuat antusias masyarakat yang mendaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat banyak di setiap kantor cabang BPJS Kesehatan. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menjadi peserta Program JKN-KIS seperti adanya jaminan kesehatan yang tidak terbatas, yang merupakan salah satu keuntungan mengikuti program ini. Manfaat ini lah yang pernah Acep Munawar rasakan, ia berobat ke klinik tanpa membayar apapun.
 
“Saya pernah ke klinik waktu itu tenggorokan terasa sakit banget. Karena baru pertama kali pakai Kartu Indonesia Sehat ini untuk berobat, bingung pasti bagaimana nanti ternyata tidak dicover namun ternyata tinggal bawa aja kartunya ke klinik sebagai bukti bahwa kita peserta BPJS kesehatan. Pelayanan yang diberikan oleh klinik sudah sangat ramah, saya pikir akan ada jarak pembeda antara peserta BPJS Kesehatan dan pasien yang tidak menggunakan Program BPJS Kesehatan,” jelasnya.
 
Acep menuturkan bahwa selama Program JKN-KIS yang dicanangkan oleh pemerintah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu secara finansial, maka seharusnya program ini menjadi prioritas bagi pemerintah. Acep berharap agar masyarakat mengetahui pentingnya mengikuti Program JKN-KIS dan jangan sampai tunggu terdesak terlebih dahulu baru mendaftar.
 
“Setiap tahun isu defisit program ini selalu terdengar, seharusnya pemerintah bisa menjaga program ini terus ada. Sehingga masyarakat lebih sejahtera. Namun masyarakat juga lebih baik sadar akan pentingnya jaminan kesehatan, daripada kita sudah jatuh sakit dan baru bergabung dengan program JKN-KIS, ya bakal repot udah sakit belum tentu bisa langsung ditangani,” jabarnya.
 
Kedepannya Acep berharap masyarakat semakin sadar akan jaminan kesehatannya dengan turut serta menjadi peserta BPJS Kesehatan, jangan sudah jatuh sakit baru bergabung dengan Program JKN-KIS. Selain itu juga, Acep berharap agar klinik yang belum bekerja sama dengan Program JKN-KIS agar segera bekerja sama, sehingga masyarakat tidak menumpuk pada beberapa klinik saja yang mengakibatkan penuhnya antrean di klinik.
 
“Masyarakat harus lebih cerdas lagi dalam menyikapi kebutuhan hidup, jangan sampai program mulia ini, program yang sangat membantu masyarakat ini kemudian diabaikan. Segera daftar, bayar iurannya sehingga nanti saat membutuhkan sudah ada yang jamin, tidak perlu menguras harta benda untuk menutupi biaya berobat,” tutup Acep. (Adv)
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
- Dilihat 104 Kali
Berita Terkait

0 Comments