Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 09/10/2019 09:43 WIB

Pembentukan AKD, Puan Tunggu Hingga Pekan Depan

Puan Maharani
Puan Maharani
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani masih menunggu tiap-tiap fraksi untuk mengirimkan susunan alat kelengkapan dewan (AKD) hingga pekan depan. 
 
"Seluruh fraksi sudah sepakat dengan bentuk AKD saat ini, yakni sebanyak 11 Komisi dan enam badan kelengkapan lainnya sehingga kami hanya tinggal menunggu susunan anggota yang akan ditempatkan," ungkap Puan di Gedung DPR RI, Rabu (9/10).
 
Puan menginginkan agar para fraksi secepatnya mengirimkan nama-nama tersebut kepada pimpinan sebelum agenda pelantikan Presiden dan Wapres terpilih pada 20 Oktober mendatang. 
 
"Ya secepatnya, kalau bisa minggu ini. Tapi kita masih ada waktu sampai pekan depan, targetnya sebelum pelantikan Presiden tanggal 20 nanti," imbuhnya. 
 
Puan berharap penentuan AKD kali ini dapat dibentuk secara musyawarah mufakat dan tidak ada lagi saling berebut kursi pimpinan dalam AKD tersebut.
 
"Saya tidak mau ada ribut-ribut, karena ini kan sudah kesepakatan bersama, jadi harapannya tinggal ditentukan nama saja oleh masing-masing fraksi," tutupnya. 
 
Sudah lebih dari sepekan dilantik, anggota DPR RI periode 2019-2024 hingga saat ini masih belum menentukan alat kelengkapan dewan. 
 
Berkaca pada periode lalu, alat kelengkapan dewan terdiri atas 11 Komisi yang masing-masing mempunyai mitra kerja kementerian pemerintah sesuai bidangnya. 
 
Selain itu juga terdapat enam badan internal, yakni Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP), dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN). **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 558 Kali
Berita Terkait

0 Comments