Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 07/10/2019 07:26 WIB

Pemkot Bekasi Akan Bentuk Tim Revitalisasi Aktualisasi Pancasila

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah
Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kota Bekasi segera membentuk tim Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila guna mewujudkan karakter bangsa masyarakat Kota Bekasi yang berasaskan Pancasila dan wawasan kebangsaan dan senantiasa menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa.  
 
Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah mengatakan Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi yang akan mengukuhkan tim Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila.
 
Namun belum dipastikan waktu pelantikannya mengingat perlu dilakukan persiapan-persiapan agar pelaksanaan berjalan lancar.
 
"Pengukuhan tim akan dilakukan dalam momen khusus oleh Wali Kota Bekasi Dr Rahmat Effendi," ungkap Sajekti, Ahad (6/10).
 
Sebelumnya beredar informasi, pengukuhan Tim Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dilakukan pada 1 Oktober 2019 atau tepat dengan Hari Kesaktian Pancasila. Namun batal dilakukan.
 
Tim ini nantinya akan bekerja sesuai pedoman yang diberikan pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemerintah Daerah dalam rangka Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.
 
Diketahui, Pancasila adalah dasar negara, Ideologi bangsa, pandangan hidup dan falsafah Negara Republik Indonesia yang termuat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  
 
Sedangkan, Nilai-nilai Pancasila adalah suatu sistem nilai yang bulat dan utuh yang terkandung dalam kelima sila dari Pancasila meliputi nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
 
Kemudian, Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila adalah proses menghidupkan atau memahami dan menghayati kembali nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
Dan Aktualisasi nilai-nilai Pancasila adalah proses penerapan atau pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
Sajekti mengatakan, kegiatan revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dilakukan oleh penyelenggara negara dan pemerintah di tingkat daerah, organisasi politik, ormas, dan lembaga nirlaba lainnya.
 
Lalu lembaga pendidikan, dan secara bersama-sama antara pemerintah daerah dengan masyarakat, ormas ,dan lembaga nirlaba lainnya.
 
"Keanggotaan Tim Revialisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Kota Bekasi juga berdasarkan pedoman tersebut," tambahnya.  
 
Kegiatan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dilakukan dalam bentuk pendidikan formal mulai TK sampai perguruan tinggi, pendidikan informal dan non formal.  
 
Kemudian dalam bentuk diskusi, dialog interaktif, sarasehan, orientasi/ halaqoh, workshop, seminar dan lokakarya. Adapula dalam bentuk pelatihan, simulasi dan Penataran. **
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 380 Kali
Berita Terkait

0 Comments