Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 13/09/2019 06:50 WIB

Tenang Beraktivitas Karena Sudah Punya JKN-KIS

Eti Suryati
Eti Suryati
BEKASI, DAKTA.COM - Eti Suryati (60) yang merupakan seorang ibu rumah tangga dan sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU). 
 
Eti menceritakan bahwa setelah program JKN-KIS hadir, maka dirinya dan sekeluarga langsung mencari tahu bagaimana cara mendaftarnya. Ia kemudian diberitahu oleh tetangganya yang sudah terlebih dahulu mendaftar. Baginya program jaminan kesehatan dari pemerintah ini lebih terjangkau dibandingkan jaminan dari asuransi lainnya, belum lagi untuknya yang sudah termasuk lanjut usia.
 
“Ketika mengetahui ada program jaminan kesehatan dari pemerintah, saya sangat tertarik karena selain iurannya terjangkau juga semua pelayanan dapat dicover, beda dengan asuransi lainnya. Belum lagi saya umurnya sudah segini, apabila mengikuti asuransi lain pasti iurannya sangat mahal untuk usia saya,” tutur Eti.
 
Eti juga mengatakan bahwa dari semenjak mendaftar sampai sekarang ia dan keluarga belum pernah menggunakan karena masih diberikan nikmat sehat. Ia juga menceritakan bahwa dirinya menerapkan pola hidup sehat sehingga sebisa mungkin tidak jatuh sakit, namun baginya jaminan kesehatan tetap perlu karena diusia yang sudah masuk usia senja, fungsi-fungsi tubuh akan mengalami penurunan.
 
“Saya dan keluarga selalu menerapkan pola hidup sehat, setiap pagi sambil berbelanja sayuran saya sekalian jalan pagi, pola makan juga wajib ada sayur setiap hari. Lalu kalau saya sehat kenapa saya daftar jaminan kesehatan, mungkin itu menjadi pertanyaan, namun bagi saya yang sudah usia lebih dari setengah abad tidak dapat dipungkiri tubuh mengalami penurunan fungsi dan setiap saat beresiko sakit, oleh karena itu saya sudah menyiapkan penjaminnya saat sakit,” jelasnya.
 
Eti memiliki pendapat yang sangat positif terhadap program JKN-KIS yang berlandaskan gotong royong dan subsidi silang. Ia berkata bahwa sistem ini sangat baik sekali, selain menjaga dirinya dan keluarga, program ini juga membantu saudara lainnya dan membutuhkan perawatan.
 
“untuk hal itu saya sangat setuju, karena misal dalam contoh kecil ada saudara saya sakit jauh disana kemudian dia memakai JKN-KIS, biaya perawatan dia kan bisa ketutup sama iuran saya. Syukur-syukur keluarga saya sehat semua sehingga iuran saya bisa membiayai masyarakat lainnya yang membutuhkan pengobatan,” tutupnya. (Adv)
Reporter :
- Dilihat 235 Kali
Berita Terkait

0 Comments