Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 01/10/2019 16:36 WIB

Muzani Ingatkan Ketua MPR Selalu dari Parpol Oposisi

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani
JAKARTA, DAKTA.COM - Sekretaris Jenderal  (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengingatkan bahwa tradisi pimpinan MPR RI selalu diisi oleh perwakilan dari parpol penyeimbang atau oposisi. 
 
"Kita ingin mengingatkan kepada teman-teman bahwa tradisinya, sebaiknya (Ketua MPR) diserahkan kepada partai penyeimbang dari koalisi pemerintahan," ungkap Muzani. 
 
Oleh sebab itu, Muzani berharap posisi Ketua MPR RI periode ini juga diberikan kepada Partai Gerindra sebagai penyeimbang di parlemen karena MPR mempunyai tugas mempersatukan pandangan politik sesuai asas empat pilar kebangsaan. 
 
"Sudah semua komunikasikan, sebagian kelompok DPD juga sudah kami sampaikan. Ada yang menyambut dengan baik, ada yang menunggu pimpinan partai, segala macam," imbuhnya. 
 
Berbeda dengan posisi Ketua DPR RI yang secara otomatis diraih oleh parpol dengan suara terbanyak dalam Pileg, posisi Ketua MPR RI tidak dijelaskan syarat secara eksplisit. 
 
Namun jika menilik dari sejarah sejak berlakunya sistem Pemilu secara langsung pada 2004 silam, posisi Ketua MPR RI diisi berturut-turut oleh Hidayat Nur Wahid dari PKS, Taufik Kiemas, dan Sidharto Danusubroto dari PDIP, serta Zulkifli Hasan dari PAN. 
 
Dimana ketiga parpol tersebut pada saat itu memang tidak ada yang berada dalam jajaran koalisi pemerintah. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1566 Kali
Berita Terkait

0 Comments