Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/09/2019 15:35 WIB

Bahas Sanitasi Aman, Kota Bekasi Gelar "Pangsi Patriot Bekasi"

Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Jumhana Lutfi dalam acara Pangsi Patriot Bekasi
Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Jumhana Lutfi dalam acara Pangsi Patriot Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Untuk membahas permasalahan air bersih dan sanitasi aman, maka unsur terkait menggelar Pertemuan Silaturahmi Pahlawan Air Sanitasi dan Perilaku Higiene Kota Bekasi atau Pangsi Patriot Bekasi.
 
Pertemuan para pihak “Pangsi Patriot Bekasi" itu berlangsung di Aula Yayasan Hubbul Quran RW 5 Kelurahan Margahayu Kecamatan Bekasi Timur Bekasim, Kamis (26/9). 
 
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi Jumhana Lutfi mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan arahan dan pernyataan dukungan untuk pemenuhan hak dan kebutuhan dasar akan air minum dan sanitasi yang aman bagi warga masyarakat Kota Bekasi.
 
"Pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi warga dengan pimpinan daerah dan para pemangku kepentingan yang diinisiasi oleh Forum Peduli Sanitasi Kelurahan Margahayu dan Kelurahan Bekasi Jaya," katanya. 
 
Menurutnya, pertemuan ini bermula dari program USAID llUWASH PLUS yang bersama Dinas Kesehatan dan Sanitarian setempat memberikan pendampingan kepada masyarakat di dua kelurahan tersebut dalam upaya memenuhi akses pelayanan dasar seperti air minum dan sanitasi aman serta perilaku higiene. 
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi kesehatan lingkungan di wilayah tersebut dimulai dengan sosialisasi program peningkatan akses air minum dan sanitasi, kemudian pemicu untuk perubahan perilaku masyarakat, pemetaan masalah, dan rembug warga untuk menyusun rencana kerja masyarakat (RKM). Dengan kegiatan tersebut, telah menghasilkan perubahan yang cukup signifikan dalam perbaikan akses air, sanitasi, dan perilaku higiene masyarakat," paparnya. 
 
Forum Peduli Sanitasi bekerjasama Pemerintah Kota Bekasi dan di dukung oleh USAID lUWASH PLUS ingin mengkomunikasikan upaya upaya yang telah dilakukan, hasil yang telah dicapai serta tantangan yang dihadapi kepada para pihak melalui pertemuan Pangsi Patriot Bekasi atau Pertemuan Silaturahmi Pahlawan Air Sanitasi dan Perilaku Higiene Kota Bekasi. 
 
Diharapkan dari pertemuan ini Forum Peduli Sanitasi dapat terhubung dan berinteraksi secara langsung dengan para pihak dari perangkat daerah, sektor swasta, lembaga keuangan mikro, camat, dan lurah serta tokoh-tokoh masyarakat dan selanjutnya para pihak secara bersama sama dapat memberikan dukungan sesuai peran dan fungsinya masing-masing untuk merealisasikan upaya-upaya yang telah dimulai dan direncanakan oleh warga. 
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Technical Assistance USAID lUWASH PLUS di Kota Bekasi. Program ini merupakan kerjasama teknis bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam pencapaian target akses universal air minum dan sanitasi dan SDGs 2030 tersebut. Kota Bekasi terpilih menjadi salah satu dari lima daerah dampingan program di wilayah Jawa Barat. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1004 Kali
Berita Terkait

0 Comments