Nasional /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 22/09/2019 12:14 WIB

Akhirnya Mahasiswa Bangkit dari 'Tidur Lelapnya'

Mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa Sugeng Wiyono
Mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa Sugeng Wiyono
BEKASI, DAKTA.COM - Mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa, Sugeng Wiyono menyebut elemen mahasiswa saat ini sudah bangkit dari 'tidur lelapnya' setelah mengetahui ada kebijakan yang tidak beres dari para pemangku kebijakan di Indonesia.
 
Akhir-akhir ini memang terlihat aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa, baik di pusat maupun daerah. Aksi itu mencuat lantaran mereka menganggap ada kebijakan dari legislatif dan pemerintah yang tidak pro terhadap rakyat. 
 
Misalnya saja, revisi UU KPK dan KUHP, serta penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dianggap tidak serius.
 
"Dari dulu aksi selalu dimotori oleh mahasiswa, demikian juga tahun ini, elemen mahasiswa sudah mulai bangkit karena ada kebijakan yang perlu dikritisi," terangnya dalam dialog interaktif di Radio Dakta, Jumat (20/9).
 
Meski begitu, ia menilai aksi-aksi itu baru hanya permulaan dan belum begitu besar. Sebab, masih banyak mahasiswa yang terlena dengan kesibukannya sendiri.
 
Menurutnya, tidak cukup mahasiswa hanya menggelar diskusi-diskusi publik untuk menyelesaikan persoalan. Perlu adanya suatu gebrakan untuk mendorong pergerakan dari legislatif dan eksekutif.
 
"Banyak mahasiswa lupa peran mereka secara moral, yakni pengabdian kepada masyarakat, dan mengkaji kebijakan pemerintah untuk perbaikan," ucap Sugeng.
 
Di sisi lain, lanjutnya, peran media juga sangat dibutuhkan dalam menyuarakan aspirasi mahasiswa. 
 
"Harusnya support dari media juga penting sebagai bagian dari demokrasi agar kebijakan yang dibuat dapat terkontrol," pungkasnya. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1141 Kali
Berita Terkait

0 Comments