Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 20/09/2019 14:49 WIB

Kekeringan, Warga Cibarusah Buat Kubangan di Kali Cipamingkis

Ilustrasi kali kekeringan
Ilustrasi kali kekeringan
CIBARUSAH, DAKTA.COM - Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi menjadi salah satu kecamatan yang mengalami kekeringan di musim kemarau saat ini, kesulitan mendapatkan air bersih menjadi kendala warga sehingga terpaksa membuat kubangan di Kali Cipamingkis untuk mendapatkan air.
 
Kali cipamingkis yang sudah kering digali dengan kedalam 1 meter, kubangan yang sudah digali didiamkan semalaman sehingga air yang tadinya kotor menjadi bersih.
 
Kondisi ini dibenarkan oleh Camat Cibarusah Kabupaten Bekasi, Enop Chan.
 
Menurutnya, ada tiga desa yang masih dilanda kekeringan di Cibarusah diantaranya, Ridogalih, Ridhomanah, dan Sirnajati.
 
"Dari tiga desa itu ada sebanyak 2280 kepala keluarga yang terdampak kekeringan di wilayahnya," ucap Enop, Jumat (20/9).
 
Oleh karena itu, pihaknya berharap supaya ada solusi terkait persoalan kekeringan yang melanda kecamatannya.
 
Ia mengaku untuk bantuan air bersih juga kerap dikirimkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tetapi jumlahnya masih belum mencukupi kebutuhan warga.
 
Sementara itu, salah satu warga yang mengambil air di Kali Cipamingkis, Sarni (40) mengatakan kondisi kekeringan sudah berlangsung selama 5 bulan, dan terpaksa mengambil air di kali.
 
"Air di kali untuk kebutuhan sehari-hari, karena bantuan air bersih dari Pemda tidak mencukupi bahkan hanya datang seminggu sekali," ungkapnya. **
 
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 331 Kali
Berita Terkait

0 Comments