Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 20/09/2019 10:11 WIB

Anies Berencana Membuat Jalur Khusus Sepeda di Jalur Gage

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama komunitas sepeda di Balai Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama komunitas sepeda di Balai Kota
JAKARTA, DAKTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan membuat jalur khusus sepeda di sejumlah jalur ganjil genap. 
 
Anies mengungkapkan dengan diterapkannya jalur khusus sepeda, hal ini akan mengembalikan kebiasaan masyarakat yang gemar bersepeda, pasalnya dengan situasi lalu lintas saat ini mereka khawatir akan terjadi kecelakaan karena kepadatan kendaraan. 
 
"Hari ini banyak anak-anak berangkat ke sekolah, sama orangtuanya tidak diizinkan untuk naik sepeda, karena khawatir dengan keselamatan di jalan. Dengan adanya jalur sepeda ini, mudah-mudahan semakin banyak masyarakat yang kembali bersepeda," ungkap Anies di Balai Kota, Jakarta pada Jumat (20/9).
 
Untuk tahap awal, Anies mengungkapkan mereka akan melakukan uji coba pada 63 kilometer awal, dimana salah satunya adalah sepanjang jalur Pemuda dan Pramuka Rawamangun. 
 
"Sekarang ini kita siapkan infrastrukturnya, terutama di jalur ganjil genap. Perhitungannya ada sekitar 500 kilometer, untuk fase awal ini 63 kilo dulu," imbuhnya. 
 
Selain itu, ia mengatakan untuk uji coba pertama dari Velodrome Rawamangun ke Balai Kota, justru memakan waktu lebih cepat dengan bersepeda dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor.
 
"Justru lebih cepat naik sepeda kesini, tadi itu saya cuma memakan waktu 45 menit. Tadi bahkan sempat menunggu yang menggunakan kendaraan, kita berhenti dulu," jelasnya. 
 
Di sepanjang jalur Pemuda dan Pramuka mulai hari ini (20/9) memang sudah nampak adanya marka jalan untuk jalur sepeda, meskipun belum sepenuhnya selesai. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 337 Kali
Berita Terkait

0 Comments