Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/09/2019 06:48 WIB

Wali Kota Rahmat Effendi Cek Pelayanan di Puskesmas Bekasi Jaya

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengecek kondisi dan pelayanan di Puskesmas Bekasi Jaya
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengecek kondisi dan pelayanan di Puskesmas Bekasi Jaya
BEKASI, DAKTA.COM - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tanti Rohilawati mendatangi Puskesmas Bekasi Jaya dan melihat secara langsung kondisi dan pelayanan di Puskemas Bekasi Jaya.
 
“Semua tadi kalau laporan dari tim, pengolahan limbah sudah ada walaupun kecil, yang dibutuhkan ialah pengembangan dan SDM, nanti kita rekapitulasi untuk memenuhi kebutuhan yang ada disini,” kata Rahmat Effendi usai mengunjungi Puskesmas Bekasi Jaya, Bekasi Timur Rabu (18/9) kemarin.
 
Dalam kesempatan itu juga tengah berlangsung kunjungan dari tim penilai atau surveior Kemenkes untuk melihat kriteria dalam penialaian akreditasi tersebut.
 
“Tidak ada catatan yang tidak maksimal seperti yang dilaporkan, makanya saya turun ini saya mau dengar sendiri, kalau kita lihat kan bagus tapi kalau mereka kan ada standarnya, setelah akumulasi standarnya hanya SDM-nya saja,” tambahnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bekasi juga sempat berbincang dengan tim penilai akreditasi yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI. Tiga orang penilai tersebut berasal dari wilayah yang berbeda untuk menjaga independensi penilaian. Tim terdiri dari tiga unsur, yaitu ADM, UKP, dan UKM.
 
Ketua Tim Surveior dari UKM Cedrawarda, menuturkan bahwa UPTD Puskesmas Bekasi Jaya secara keseluruhan sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan tingkatan tertentu.
 
Tiga aspek menjadi target penilaian yaitu Administrasi dan Managemen (Pelayanan di kantor) Upaya Kesehatan Perorangan (tekhnis pengobatan di dalam puskesmas), serta Upaya Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari lima program, yaitu Pelayanan Kesehatan Dibidang Anak, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, Pencegahan Penyakit Perbaikan Gizi.
 
Itu upaya yang pokok esensial penilaian puskesmas, ditambah lagi dengan kalau ada pengembangan seperti yang saat ini sedang giat-giatnya penanganan usia lanjut jadi itu tiga bidang yang dinilai,” katanya
 
Untuk level Dasar, nilai yang didapatkan di bawah 70, Madya (75), Utama (80) dan diatas 85 persen (Paripurna).
 
“Nilai itu nanti hasilnya ada beberapa macam kelulusan, bila nanti nilainya paling baik dari tiga bidang adalah paripurna,” tambahnya.
 
Secara keseluruhan Puskesmas Bekasi Jaya dinilai layak menyandang kriteria tertentu untuk wilayah Kota/Kabupaten.
 
“Tapi kalau dari aspek penilaian sudah cukup bagus dan cukup tertata, namun ada beberapa hal yang belum memenuhi standar akreditasi secara nasional,” pungkasnya. **
 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 3242 Kali
Berita Terkait

0 Comments