Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/09/2019 15:55 WIB

MUI Imbau Pengurus Daerah Gelar Salat Istisqa

Petugas berjibaku memadamkan bara api yang membakar lahan gambut
Petugas berjibaku memadamkan bara api yang membakar lahan gambut
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua  Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), Didin Hafidhudin mengimbau kepada pengurus MUI daerah untuk menggelar salat Istisqa, khususnya di wilayah yang terkena kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 
 
"MUI daerah kita imbau untuk ikut terlibat, paling tidak salat Istisqa supaya turun hujan. Karena kan diturunkannya garam itu (hujan buatan) juga tidak mempan," papar Didin di Menteng, Kamis (19/9).
 
Didin berpendapat masalah karhutla tidak bisa hanya diserahkan kepada pemerintah pusat semata, tetapi semua pihak juga harus turut terlibat karena menyangkut tentang ancaman kesehatan dan kenyamanan masyarakat. 
 
"Bukan sekadar pelakunya yang katanya sudah ketahuan, tapi juga penyebab dan dampak dari kebakaran hutan yang perlu dipikirkan," imbuhnya. 
 
Karhutla yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan kian mengkhawatirkan dengan masifnya jumlah titik api yang berdampak pada sebaran asap. 
 
Merujuk dari data BNPB pada Rabu (18/9) kemarin, total terdapat 328.724 hektare lahan yang terbakar dengan 2.719 titik panas selama Januari-Agustus 2019.
 
Provinsi Jambi menjadi wilayah terbanyak yang memiliki 555 titik api. Kemudian diikuti Sumatra Selatan (482); Riau (388); Kalimantan Barat (346); Kalimantan Tengah (281); dan Kalimantan Selatan 105 titik api. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 330 Kali
Berita Terkait

0 Comments