Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 19/09/2019 14:21 WIB

Anies Hentikan Banding Atas Lahan Sodetan Ciliwung

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
JAKARTA, DAKTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan tidak akan melanjutkan proses gugatan atas lahan di Bidara Cina untuk proyek sodetan Sungai Ciliwung. 
 
"Bila proses jalan terus, tidak akan selesai, jadi kita terima keputusan itu. Supaya segera dibuat sodetannya, begitu dicabut (proyek) itu langsung jalan," jelas Anies di Lapangan Silang Monas, Kamis (19/9).
 
Anies mengatakan proyek itu pada awalnya adalah wewenang dari Kemenpupera, sedangkan pihak Pemprov DKI Jakarta hanya sebagai mediator terhadap para warga yang berada di lahan tersebut. 
 
"Proses pembeliannya itu sebenarnya oleh pemerintah pusat di PUPR, jadi kita terima keputusan itu, tidak jadi banding intinya. Dengan kita terima maka eksekusi bisa jalan," imbuhnya. 
 
Proyek Sodetan Ciliwung masih menuai kontroversi dan kritik perihal pembebasan lahan. Awal 2018, Proyek Sodetan Ciliwung kembali dimulai setelah digugat ke Pengadilan Negeri oleh warga Bidara Cina. 
 
Warga mengajukan gugatan terkait dengan penetapan lokasi sodetan Kali Ciliwung yang berubah dari ketentuan sebelumnya tanpa pemberitahuan kepada warga. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 329 Kali
Berita Terkait

0 Comments