Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/09/2019 09:47 WIB

Tiga Bandara Kalbar Terganggu Operasional Akibat Kabut Asap

Kondisi kabut asap di Riau
Kondisi kabut asap di Riau
JAKARTA, DAKTA.COM -  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan ada tiga Bandara yang terdampak paling parah akibat gangguan kabut asap di  Kalimantan Barat (Kalbar). 
 
"Ketiga Bandara tersebut adalah Bandara Supadio di Pontianak, Bandara Rahadi Oesman di Ketapang, dan Bandara Paloh di Sambas karena jarak pandang yang terbatas," papar Budi di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (18/9).
 
Sementara itu mengenai kelancaran penerbangan, Budi mengungkapkan ada sekitar 30 persen pembatalan penerbangan ke wilayah yang terpapar kabut asap seperti Kalbar, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Jambi, dan Riau. 
 
"Kami juga telah berkoordinasi dengan seluruh pihak dalam menghadapi situasi di lapangan terutama mengantisipasi terjadinya kabut asap yang tiba-tiba menebal," imbuhnya. 
 
Selain mengganggu jadwal penerbangan, bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan sudah memiliki dampak buruk bagi kesehatan. 
 
Berdasarkan Data Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes menyebut, sudah ada lebih dari 100.000 orang yang mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat kabut asap. 
 
Di Riau, penderita ISPA sepanjang September 2019 mencapai 15.346 orang. Sementara di Jambi selama bulan Juli-Agustus terdapat 15.047 orang. Provinsi Sumatra Selatan mempunyai penderita ISPA terbanyak, yakni 76.236 orang, dengan mayoritas korban berasal dari kota Palembang. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 293 Kali
Berita Terkait

0 Comments