Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/09/2019 21:15 WIB

Pilwakot Medan, Elektabilitas Maruli Siahaan Meroket

ikon kota medan
ikon kota medan
JAKARTA, DAKTA.COM - Jelang pemilihan Walikota Medan 2020 mendatang, nama Maruli Siahaan dianggap menjadi penantang serius petahana. Hal ini diungkapkan Koordinator IDM Kota Medan, Hendro Nugraha, Selasa (17/9) melalui siaran persnya. 
 
"Berdasarkan hasil survey Indonesia Development Monitoring (IDM) yang dilakukan 9 -17 September 2019, elektabilitas petahana Wali Kota Medan Dzulmi Eldin masih dibawah 50 persen yang artinya belum aman," ujar Hendro. 
 
Apalagi, ungkap Hendro, tingkat kepuasan responden terhadap pemerintah Kota Medan pada setahun terakhir hanya sebesar 56,8 persen. 
 
"Masyarakat menilai ada kemunduran dari aspek pembangunan di Kota Medan dibandingkan Ibukota Provinsi lainnya di Sumatera ," katanya.
 
Bukan tidak mungkin, posisi Eldin bisa digeser oleh calon lainnya, seperti Maruli Siahaan, Ihwan Ritonga, bahkan Dahnil Anzar Simanjuntak dan menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution yang dianggap sebagai kuda hitam.
 
"Berdasarkan survei IDM tingkat elektabilitas Dzulmi Eldin hanya berada di posisi 11,7 persen, kemudian Maruli Siahaan 12,7 persen , Dahnil Anzar Simanjuntak 8,4 persen, disusul Ihwan Ritonga 8,1 persen, dan Bobby Nasution 5,1 persen," tandasnya.
 
Dengan demikian, popularitas Maruli Siahaan sebagai mantan anggota Polri yang dikenal oleh warga Kota Medan sangat mempengaruhi tingkat ketepilihannya. Sementara dua tokoh muda Dahnil Anzar Simanjuntak dan Bobby Nasution juga punya elektabilitas yang cukup signifikan untuk bisa diusung sebagai bakal calon walikota Medan.
 
Dalam survey kali ini, IDM mengambil penarikan samplenya, dengan metode Multistage Random Sampling, dari jumlah populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Medan pada pemilu 2019 yaitu 1.621.917 pemilih ,yang tersebar di 21 kecamatan di 148 Kelurahan di Kota Medan.
 
Survei ini memiliki Margin of error +/- 2.8 % dengan tingkat kepercayaan 95 %. **
Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 2815 Kali
Berita Terkait

0 Comments