Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 17/09/2019 15:17 WIB

Wujudkan Smart City dengan Pengintegrasian Data Kependudukan

Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Bekasi, Nardi
Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Bekasi, Nardi
BEKASI, DAKTA.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi menjalin kerjasama mengenai pemanfaatan data warehouse dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan badan hukum.
 
Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Bekasi, Nardi menyampaikan pengintegrasian data kependudukan adalah upaya mewujudkan smart city di Kota Bekasi.
 
"Kerjasama ini bermanfaat bagi OPD yang bekerjasama dengan Disdukcapil, di antaranya registrasi dan proses verifikasi data penduduk lebih efektif. Masyarakat pun semakin dipermudah dengan ini," ucapnya.
 
Pihaknya, saat ini sedang memfokuskan sosialisasi kepada OPD untuk mengajak kerjasama mengenai pemanfaatan data kependudukan berbasis Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
 
"Ada 33 elemen data yang bisa didapatkan OPD dari Disdukcapil seperti, usia, jenis kelamin, tempat tinggal, golongan darah, dan lainnya. Tapi biasanya para OPD hanya membutuhkan data seperlunya," tuturnya.
 
Untuk saat ini beberapa OPD yang sudah menjalin kerjasama dengan Disdukcapil Kota Bekasi di antaranya, Dinas Pendidikan, RSUD, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Sosial, dan Dinas Tata Ruang.
 
Ia menambahkan, ketika ada OPD yang ingin menjalin kerjasama dengan Disdukcapil Kota Bekasi, pihaknya membuat tim administrasi dan tim teknis.
 
"Tim administrasi untuk menyusun draf perjanjian kerjasama, sedangkan tim teknis yang mempersiapkan koordinasi dengan bagian terkait," pungkasnya. **
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 258 Kali
Berita Terkait

0 Comments