Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 11/09/2019 13:26 WIB

Capim KPK Nawawi Pomolango Kritik Model OTT KPK

Nawawi Pomolango
Nawawi Pomolango
JAKARTA, DAKTA.COM - Pada hari ini, Komisi III DPR RI menggelar proses wawancara terhadap lima Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) sebagai bagian dari uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). 
 
Kelima capim KPK yang akan mengikuti prosedur tersebut pada hari ini adalah Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Sigit Danang Joyo, Nurul Ghufron, dan I Nyoman Wara. 
 
Nawawi yang menjadi peserta pertama fit and proper test capim KPK, mengkritisi persoalan penindakan KPK melalui operasi tangkap tangan (OTT) yang tidak berdampak cukup baik terhadap indeks pemberantasan korupsi. 
 
"Faktanya OTT sehari seperti minum obat tapi tidak mempengaruhi indeks persepsi korupsi kita. Itu akan menanjak apabila kita benahi sistem pencegahan kita," tegas Nawawi. 
 
Nawawi juga menganggap KPK tidak mau bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya seperti Polri dan Kejaksaan sehingga terkesan saling berhadapan. 
 
"Di dalam Undang-Undang sudah sangat jelas wewenangnya, membangun jaringan kerja. Bukan menjadi counter partner dengan Jaksa dan Polri, tapi malah jadi counter fight, kayak pendekar yang bekerja sendirian," imbuhnya. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 251 Kali
Berita Terkait

0 Comments