Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 10/09/2019 17:40 WIB

Evaluasi Pemilu 2019: Partisipasi Warga dalam Pengawasan Pemilu Minim

Proses pencoblosan Pemilu 2019
Proses pencoblosan Pemilu 2019
CIBITUNG, DAKTA.COM - Bawaslu Provinsi Jawa Barat menyebut dalam evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019, partisipasi pencegahan maupun pengawasan yang dilakukan masyarakat terhadap pelanggaran Pemilu 2019 masih sangat minim.
 
Hal ini terlihat dari pelanggaran yang diproses oleh Bawaslu Jawa Barat, dari 939 pelanggaran, 624 kasus merupakan hasil temuan sementara 315 kasus merupakan hasil laporan masyarakat.
 
Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Zaki Hilmi mengatakan masyarakat cenderung pasif dalam melaporkan adanya pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan pemilu, oleh karena itu kedepan harus didorong agar masyarakat lebih aktif lagi melaporkan pelanggaran ke Bawaslu.
 
"Beberapa indikator masyarakat pasif, karena pemahaman regulasi. Masyarakat tidak banyak mengetahui, hal-hal apa saja yang tidak diperbolehkan dalam pelaksanaan pemilu termasuk politik uang," katanya saat menggelar refleksi hasil pengawasan pemilu 2019 di Hotel Swiss Bel inn Cibitung Kabupaten Bekasi, Selasa (10/9).
 
Selain itu ketika mengetahui ada pelanggaran, masyarakat tidak berani melaporkanbnya, oleh karena itu keberanian perlu didorong agar dapat mencegah maupun melaporkan pelanggaran pemilu.
 
Zaki menambahkan, masyarakat juga masih permisif terhadap pelanggaran yang terjadi khususnya berkaitan dengan politik uang, sejatinya merupakan musibah bukan keberkahan, karena dapat mempengaruhi pilihan.
 
"Kedepan dalam pelaksanaan pemilu hal ini harus diperbaiki, terutama kesadaran masyarakat dalam mengawasi dan melaporkan kecurangan pemilu," ucapnya.
 
Ia menjelaskan dalam penanganan pelangggaran Pemilu 2019 yang dilakukan Bawaslu, ada 35 kasus pidana yang diselesaikan, 2 di antaranya berkaitan dengan politik uang, yang ada di Cianjur dan Tasikmalaya, caleg di 2 daerah itu dicoret dalam daftar caleg tetap meski hasil pemilu lolos sebagai caleg terpilih. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 263 Kali
Berita Terkait

0 Comments