Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/09/2019 06:32 WIB

Pepadi Minta Pemkab Bekasi Fasilitasi Seni Pedalangan

Seni pedalangan wayang
Seni pedalangan wayang
CIKARANG, DAKTA.COM - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bekasi meminta pemerintah daerah memfasilitasi seni pedalangan agar dapat dilestarikan di tengah masyarakat.
 
Ketua Pepadi Kabupaten Bekasi, Danto mengatakan seni dalang merupakan seni budaya adiluhung oleh karena itu harus dipertahankan. Jika minat masyarakat terhadap seni budaya semakin kurang, maka pimpinan daerah harus ikut membantu supaya seni budaya kembali diminati masyarakat.
 
Menurutnya, seni pedalangan kurang diminati masyarakat, karena banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap seni wayang bahkan saat menggelar acara hiburannya bukan wayang.
 
"Untuk itu, harus ada kolaborasi antara Pemkab Bekasi dengan Pepadi supaya seni wayang kembali bergairah. Sejauh ini, sudah ada 17 dalang yang merupakan binaan Pepadi, dan tiga dalang dari Pepadi," ujarnya di Cikarang, Senin (9/9).
 
Danto yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Bekasi itu menambahkan, dalam pelestarian seni pedalangan, pihaknya akan membuka kursus pedalangan dan karawitan, yang mendidik anak-anak muda supaya mencintai wayang golek.
 
"Kami juga meminta fasilitasi gedung pertunjukan yang dapat digunakan untuk kegiatan seni pedalangan," ungkapnya. **
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 471 Kali
Berita Terkait

0 Comments