Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/09/2019 11:05 WIB

Minim Kesadaran Warga Sebabkan Sampah Berserakan di Kali

Tumpukan sampah di sepanjang Kali Jambe di Tambun Selatan
Tumpukan sampah di sepanjang Kali Jambe di Tambun Selatan
MANGUNJAYA, DAKTA.COM - Tumpukan sampah di kali wilayah Kabupaten Bekasi sepertinya tidak selesai-selesai, setelah sebelumnya digegerkan tumpukan sampah memenuhi Kali Pisang Batu, Tarumajaya dan Kali Bahagia atau Kali Busa di Babelan.
 
Saat ini kembali menyeruak tumpukan sampah di Kali Jambe yang berlokasi di perbatasan Desa Mangunjaya dan Desa Karangsatria, Tambun Selatan.
 
Tumpukan sampah yang diperkirakan sepanjang 250 meter lebih ini membuat masyarakat geleng-geleng kepala, pasalnya kondisi sampah yang menumpuk hampir bisa dijumpai di setiap kali-kali di wilayah Kabupaten Bekasi.
 
Kepala UPTD Wilayah II Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Abdul Hanan mengungkap kondisi sampah yang berserakan di kali itu disebabkan minimnya kesadaran warga atas kebersihan lingkungan.
 
"Masih banyak warga yang membuang sampahnya langsung ke kali dan masih banyaknya pembuangan sampah liar di tepi kali," ungkapnya saat dikonfirmasi Dakta, Jumat (6/9).
 
Untuk mengangkut sampah di Kali Jambe, ia mengaku sampai menerjunkan beberapa alat berat dan personelnya agar maksimal dalam membersihkannya.
 
"Kami menerjunkan satu ekskavator, lima mobil dump truck sampah, tiga gerobak motor, 50 orang personel dari UPTD Kebersihan serta Jajaran Kecamatan Tambun Selatan dan Desa Mangun Jaya, hingga warga sekitarnya. Jadi total kurang lebih sekitar 150 orang," jelasnya.
 
Ia menegaskan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke kali karena dapat menyumbat aliran air sehingga bisa berdampak luas.
 
"Kami mengimbau agar masyarakat yang ada di sekitar Kali Jambe maupun yang tinggal di bantaran kali agar membuang sampah di tempatnya dan tidak sembarangan," tegasnya. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1261 Kali
Berita Terkait

0 Comments