Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 05/09/2019 19:39 WIB

Pemkab Bekasi Turunkan Alat Berat untuk Bersihkan Sampah di Kali Jambe

Sampah di Kali Jambe, Bekasi (Foto : detikcom)
Sampah di Kali Jambe, Bekasi (Foto : detikcom)
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi akan segera menangani tumpukan sampah di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan.
 
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi mengaku sudah menerima laporan sejak dua pekan lalu namun eksekusi pembersihan terkendala alat berat.
 
"Sebenarnya kewenangan terkait normalisasi berada di Dinas PUPR, apalagi armada di Dinasnya sangat terbatas, selain alat berat juga dimiliki oleh Dinas lain," ujar Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto.
 
Untuk itu pihaknya akan membersihkan kali itu pada Jum'at besok (6/9), dan telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk menyiapkan alat berat, sementara truk pengangkut sampah disiapkan oleh Dinas LH.
 
"Adanya tumpukan sampah di Kali Jambe juga karena pola hidup masyarakat yang membuang sampah ke kali. Oleh karena itu setelah dibersihkan jangan sampai ada lagi sampah di aliran sungai," tegas Dodi.
 
Sementara itu, berdasarkan pantauan, tumpukan sampah di Kali Jambe didominasi sampah plastik rumah tangga, styrofoam, botol plastik, sampah deterjen, plastik jajanan dan lainnya.
 
Adapun panjang tumpukan sampah itu sepanjang 500 meter, sampai-sampai air kali tidak terlihat atau seperti daratan.
 
Persoalan sampah di aliran sungai tidak ada habisnya di Kabupaten Bekasi. Sebelumnya tumpukan sampah juga pernah terjadi di Kali Pisang Batu, Tarumajaya, dan Kali Busa, Babelan.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1846 Kali
Berita Terkait

0 Comments