Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/09/2019 15:46 WIB

Wiranto : Lima Orang Tewas Sepanjang Kerusuhan di Papua

Menkopolhukam Wiranto saat jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam
Menkopolhukam Wiranto saat jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto menyatakan sejauh ini terdapat lima orang korban jiwa atas kerusuhan yang terjadi di wilayah Papua. 
 
Dalam konpersnya di kantor Kemenko Polhukam di Jakarta pada Rabu (4/9), Wiranto menjawab pertanyaan perihal isu yang beredar mengenai berapa jumlah korban jiwa selama terjadinya kerusuhan di Papua dan Papua Barat. 
 
"Jadi ada empat orang warga sipil yang menjadi korban jiwa di wilayah Papua, sementara dari aparat ada satu orang prajurit TNI, sementara untuk korban luka berat ada 15 orang warga sipil, dan dua orang aparat dari Polri," papar Wiranto. 
 
Sementara itu pada saat ini, Wiranto menyampaikan situasi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif hanya saja ada sebagian fasilitas yang masih terganggu seperti listrik dan koneksi internet.
 
"Situasi kini sudah terkendali, baik di Papua maupun Papua Barat. Kegiatan masyarakat juga sudah normal, hanya saja ada beberapa yang masih terganggu dan perlu perbaikan," imbuhnya. 
 
Wiranto menambahkan pemerintah saat ini berupaya untuk merangkul seluruh elemen masyarakat setempat seperti tokoh adat, para pemuka agama, dan unsur pemerintah daerah untuk meredam situasi yang sempat memanas beberapa hari terakhir. 
 
"Kita terus adakan dialog bersama masyarakat setempat, agar kita semua tetap menjaga situasi disana tetap kondusif dan tidak ada lagi kerusuhan," tutupnya. 
 
Seperti diketahui kerusuhan ini terjadi sebagai buntut dari ujaran rasisme kepada para mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya pada pertengahan Agustus lalu. 
 
Pemerintah juga menuding adanya keterlibatan pihak asing yang berupaya melakukan provokasi untuk menghidupkan lagi wacana referendum Papua Merdeka. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 241 Kali
Berita Terkait

0 Comments