Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 03/09/2019 15:07 WIB

Mengapa Anak-anak Tidak Boleh Hanya Duduk Ketika di Sekolah?

Ilustrasi anak bermain
Ilustrasi anak bermain
AMERIKA SERIKAT, DAKTA.COM – Kelompok-kelompok studi seperti National Associate of Physical Literacy AS (NAPL) berpendapat tentang pentingnya mengajarkan anak untuk melakukan aktivitas fisik sejak usia dini akan membantu tumbuh kembang mereka dalam masa pertumbuhan.
 
Dr. John Ratey, seorang profesor klinis psikiatri di Harvard Medical School dan penulis buku berjudul “Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, menyatakan dalam pernyataan resminya “Ketika anak bergerak, maka semua sel saraf anak akan terangsang untuk berpikir, dan itu dapat membuat mereka siap melakukan semua kegiatan.” 
 
Kepala petugas kesehatan untuk NAPL AS, Susan Kamin menyatakan dalam pernyataan resminya, sebuah studi baru-baru ini menemukan dampak aktivitas fisik pada kinerja akademik anak yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, melibatkan lebih dari 10.000 anak-anak antara usia 4 dan 13 tahun. 
 
Dalam studi tersebut ditemukan bahwa aktivitas fisik, terutama pendidikan jasmani dapat meningkatkan perilaku anak di dalam kelas, dan menstimulus prestasi akademik anak, terutama kemampuan yang berhubungan dengan matematika dan membaca. 
 
Namun, tantangannya dalam menyosialisasikan pentingnya mengajak anak memiliki aktivitas fisik yang proporsional di sekolah ialah mengkomunikasikan administrasi sekolah untuk secara konsisten menyediakan waktu untuk aktivitas fisik anak tanpa harus mengganggu kegiatan akademik yang ketat serta mencari biaya guna membayar sebagian pelatihan yang dibutuhkan. (Rizki Nur Aini)
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : CNN
- Dilihat 437 Kali
Berita Terkait

0 Comments