Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 27/08/2019 14:45 WIB

Tarumajaya dan Babelan Diwacanakan Akan Jadi Bagian Kota Bekasi

Kota Bekasi
Kota Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Wacana bergabungnya Kota Bekasi ke DKI Jakarta yang dihembuskan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi turut menggulirkan rencana masuknya dua kecamatan di Kabupaten Bekasi untuk menjadi bagian Kota Bekasi, yakni Tarumajaya dan Babelan.
 
Secara geografis, Babelan dan Tarumajaya aksesnya lebih dekat ke Kota Bekasi, dibandingkan ke kantor Pemerintahan Kabupaten Bekasi di Sukamahi Cikarang Pusat, bahkan Tarumajaya lokasinya berhimpitan dengan Jakarta Utara.
 
Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Muhtadi Muntaha
 
Sekretaris Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi, Muhtadi Muntaha mengatakan memang dari segi geografis dua kecamatan itu dekat dengan Kota Bekasi, adanya aspirasi masuknya Babelan dan Tarumajaya ke Kota Bekasi wajar saja, mengingat sejauh ini pembangunan di wilayah utara yang dilakukan Pemkab Bekasi tidak berjalan.
 
Sebagai warga babelan, ia mengaku setuju jika Kecamatan Babelan dan Tarumajaya masuk ke Kota Bekasi, karena dari segi infrastruktur, pendidikan dan kesehatan Kota Bekasi lebih baik.
 
"Sehingga dengan masuknya dua kecamatan ini, pembangunannya bisa lebih baik," ucapnya di Cikarang, Selasa (27/8).
 
Sementara itu, Sejarawan Bekasi Ali Anwar menyatakan sebenarnya, pada saat rapat pemekaran Kabupaten Bekasi di tahun 1987 oleh DPRD, dan DPR RI, Tarumajaya dan Babelan dikehendaki masuk ke Kota Bekasi.
 
"Namun karena pemerintah pusat mengharuskan wilayah utara menjadi daerah pertanian maka dua kecamatan itu batal menjadi wilayah Kota Bekasi," ungkapnya, Selasa (27/8).
 
Tetapi, menurutnya, saat ini kondisi dua kecamatan itu telah berubah, tidak lagi menjadi wilayah pertanian dan berubah menjadi wilayah pemukiman sehingga wacana masuknya Babelan dan Tarumajaya ke Kota Bekasi bisa dilakukan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 12229 Kali
Berita Terkait

0 Comments