Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/08/2019 10:30 WIB

Menangis Ketika Sholat, Bolehkah?

Ilustrasi
Ilustrasi
DAKTA.COM - Menangis ketika sholat, pasti kaum muslimin pernah merasakannya. Namun, hal itu juga bisa dipengaruhi oleh syaitan yang membuat seolah-olah manusia sedang menangisi dosa-dosanya. 
 
Meski begitu, menangis ketika sholat bisa disesuaikan dengan surah yang dibaca. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS Al-Anfal ayat 2.
 
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.”
 
Ada suatu kondisi tertentu ketika orang Islam mendengar ayat Al-Qur’an tiba-tiba menangis. Dalam situasi ini bisa dirasakan apakah itu permainan syaitan atau memang keadaan hati terdalam untuk memohon rahmat kepada Allah SWT.
 
Cara membedakan ketika nangis saat sholat, yaitu jika tangisan dalam sholat lebih khusyu dengan mengingat Allah SWT, dan meminta ampunan dosa-dosa, maka itu dipastikan petunjuk kebaikan sebagai bagian dari hidayah-Nya. 
 
Tetapi jika tangisan itu membuat tidak khusyuk dalam sholat, seperti mengganggu fokus sholat dan dibuat-buat nangis maka itu tentunya bukan dari hal yang baik atau godaan syaitan. "Semua amal ditentukan oleh Niatnya” (HR. Bukhari dan Muslim). Wallahu A'lam Bishawab (Fitri)
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 4830 Kali
Berita Terkait

0 Comments