Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 25/08/2019 11:44 WIB

Jaminan Kesehatan Untuk Sekarang dan Esok

Ela Kusmiati
Ela Kusmiati
BEKASI, DAKTA.COM - Ela Kusmiati (28) atau wanita yang akrab disapa dengan Ela ini adalah salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dirinya sadar betul bahwa hadirnya program ini adalah bukti nyata pemerintah sedang berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Pemerintah ingin masyarakatnya sehat dan dapat beraktifitas produktif demi menunjang pembangunan bangsa ini.
 
Wanita karir ini mengatakan sehari-harinya disibukan dengan pekerjaannya sehingga terkadang masalah kesehatan terlupakan. Ela menjelaskan bahwa ia dan keluarganya telah merasa aman dengan perlindungan jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. 
 
Ia mengatakan bahwa tidak hanya keluarga intinya saja yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, namun saudara dan beberapa kerabatnya juga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Tidak hanya terdaftar sebagai peserta, mereka juga pernah memperoleh pelayanan dengan menggunakan kartu KIS ini. 
 
“Saudara saya pernah sakit kemudian menggunakan kartu ini dan alhamdulilah dilayani tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Bagi saya kartu ini sangat bermanfaat sekali saat ini. Sekarang tanpa bawa uang di dompet selama ada kartu ini di dompet sudah berani untuk berobat,” ungkap Ela.
 
Ela bercerita mengenai bagaimana tahun-tahun sebelumnya ketika ada seseorang yang harus meninggal dunia karena tidak ditangani ke rumah sakit. Baginya saat itu penyakit adalah momok yang sangat menakutkan, pembiayaan yang mahal dan tidak dapat diprediksi membuat sebagian masyarakat memilih pengobatan tradisional ataupun meminum obat tanpa resep.
 
Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan dan Pemerintah. Ia merasa sangat beruntung saat ini, karena ia tidak perlu lagi memikirkan biaya yang harus ia keluarkan untuk melakukan pengobatan baik di rumah sakit atau pun di klinik, seperti waktu sebelum adanya Program JKN-KIS. Segala jenis penyakit yang diderita oleh peserta ditanggung tanpa terkecuali.
 
“Berapa banyak masyarakat kita yang tidak dapat berobat ke rumah sakit bukan karena akses namun terbentur biaya. Oleh karena itu yang penting prosedur yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan kita jalani, maka tentu segala pelayanan kesehatan kita akan dijamin sesuai dengan hak kita,” ungkap Ela.  **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 753 Kali
Berita Terkait

0 Comments