Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 23/08/2019 09:36 WIB

Pemprov DKI Jamin Antisipasi Kredit Macet Rumah Samawa

Program Pemprov DKI Jakarta rumah susun dengan DP 0 rupiah di Klapa Village
Program Pemprov DKI Jakarta rumah susun dengan DP 0 rupiah di Klapa Village
JAKARTA, DAKTA.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengantisipasi masalah kredit macet dalam program rumah Samawa DP 0 Rupiah di Klapa Village. Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Rumah Sederhana Pemprov DKI Jakarta, Dzikran Kurniawan. 
 
"Tentu saja itu areanya ada di Perbankan, dan kami menyerahkan kepada Bank DKI selaku pemberi kredit. Jadi nanti Bank DKI yang akan mengikuti aturan yang ada dari Bank Indonesia," papar Dzikran di Pondok Kelapa, Jaktim pada Jumat (23/8).
 
Dzikran menyampaikan, proses seleksi yang mereka lakukan sangat ketat terhadap program rumah Samawa ini, selain memeriksa jumlah pendapatan, mereka juga akan mengecek sirkulasi keuangan dari para calon penghuni tersebut. 
 
"Yang menerima ini memang masyarakat berpenghasilan rendah, di sisi lain mereka juga pengelolaan uangnya cukup baik sehingga di kemudian hari terhindar dari kredit macet," imbuhnya. 
 
Dzikran menambahkan, pihaknya juga menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka pengawasan terhadap pemberian kredit atas program rumah dengan DP 0 rupiah di Klapa Village ini.
 
"Terlepas daripada itu kami juga menggandeng pihak asuransi juga ya untuk mengantisipasinya, yang jelas prosedur teknis di lapangan sudah kami jalankan sebaik-baiknya," tutupnya. 
 
Program Rumah Samawa merupakan program Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan fasilitasi pembiayaan kepemilikan hunian untuk masyarakat DKI Jakarta yang bertempat di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. 
 
Tercatat ada sebanyak 1790 warga yang telah lolos verifikasi dan dilanjutkan dengan permohonan KPR dengan Bank DKI. Melalui program ini, Pemprov menyediakan fasilitas pembiayaan kepemilikan dengan skema DP 0 Rupiah. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 236 Kali
Berita Terkait

0 Comments