Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/08/2019 09:54 WIB

Wali Kota Jaktim: Sodetan Ciliwung Akan Lengkapi KBT Atasi Banjir

Kanal Banjir Timur
Kanal Banjir Timur
JAKARTA, DAKTA.COM - Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar menyatakan apabila proyek sodetan Sungai Ciliwung selesai akan membuat wilayah Kota Administratif Jakarta Timur (Jaktim) bebas dari banjir. 
 
Anwar mengemukakan saat ini mereka sudah memiliki Kanal Banjir Timur (KBT) sebagai pengatur aliran air yang berada di wilayah Kota Administratif Jaktim sehingga dapat mengendalikan genangan air. 
 
"Sejak dibangun pada tahun 2007 silam, keberadaan Kanal Banjir Timur ini dapat menyelamatkan sekitar dua juta jiwa penduduk dari bencana banjir," ungkap Anwar di kawasan Duren Sawit, Jaktim, Kamis (22/8). 
 
Anwar berharap pembangunan sodetan di Sungai Ciliwung juga segera selesai sehingga dapat mewujudkan Kota Administratif Jaktim yang bebas dari bencana banjir.
 
"Ini kalau sodetan Ciliwung sudah selesai, saya kira wilayah Jakarta Timur bisa bebas dari banjir, karena kita kan tidak bisa memprediksi berapa banyak air yang turun dari langit," imbuhnya. 
 
Kanal Banjir Timur dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta sejak Desember 2007 lalu untuk menampung aliran Kali Ciliwung, Kali Cililitan, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung. 
 
Proyek ini membentang sejauh 23,5 kilometer mulai dari Cipinang dan bermuara di Marunda. Kawasan yang terlindungi dari ancaman banjir sekitar 15.400 hektare. 
 
Selain berfungsi mengurangi ancaman banjir di 13 kawasan, melindungi permukiman, kawasan industri, dan pergudangan di Jakarta bagian timur, Kanal Banjir Timur juga dimaksudkan sebagai prasarana konservasi air. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 392 Kali
Berita Terkait

0 Comments