Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/08/2019 09:42 WIB

Puskapkum Kritisi Fasilitas DPRD Kota Bekasi

llustrasi penghitungan uang anggaran
llustrasi penghitungan uang anggaran
BEKASI, DAKTA.COM - Rencana fasilitas yang akan diterima DPRD Kota Bekasi Periode 2019-2024 dikiritisi oleh kalangan masyarakat sipil salah satunya Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum).
 
Peneliti senior Puskapkum Rahmat Saputra menyayangkan rencana fasilitas yang akan diterima DPRD Kota Bekasi. 
 
"Rencana fasilitas yang diterima DPRD Kota Bekasi sama sekali tidak mencerminkan rasa kepedulian kepada publik. Kami sungguh risau dengan cara pandang yang belum berubah dari penyelenggara negara ini," kata Rahmat di Bekasi, Rabu (21/8). 
 
Rahmat menyebutkan sikap DPRD dan Pemkot Bekasi yang mengalokasikan anggaran fasilitas bagi DPRD Kota Bekasi menjadi langkah awal yang tidak baik. Menurut dia, kendati berbasis aturan, tetapi alokasi anggaran tersebut tidak mencerminkan keadilan publik. 
 
"Kami mengkhawatirkan proses check and balances tidak dapat terwujud di DPRD Kota Bekasi terhadap Pemkot Bekasi," ujar dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta. 
 
Mahasiswa Program Doktor Hukum Universitas Padjajaran ini menyebutkan angka kemiskinan pada tahun 2018 di Kota Bekasi masih cukup tinggi sebesar 9,32% atau sebesar 251 ribu yang merupakan prosentase tertinggi dibanding daerah lainnya. "Angka kemiskinan masih tinggi di Kota Bekasi, sebaiknya  fasilitas DPRD Kota Bekasi dapat lebih dihemat," ujar Rahmat.
 
Sebagaimana maklum dalam rencana pelantikan anggota DPRD Kota Bekasi sejumlah fasilitas mewah bakal diterima DPRD Bekasi seperti Ketua DPRD mendapat fasilitas Toyota Fortuner, sedangkan para Wakil Ketua mendapat fasilitas Honda CRV. Pakaian dinas anggota DPRD Kota Bekasi dialokasikan sebesar Rp544 juta. ** 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 178 Kali
Berita Terkait

0 Comments