Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/08/2019 15:20 WIB

Kota Bekasi Gabung DKI, Anies: Terserah Pusat

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menghadiri rapat paripurna dengan DPRD DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menghadiri rapat paripurna dengan DPRD DKI Jakarta
JAKARTA, DAKTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan wacana penggabungan Kota Bekasi ke wilayahnya kepada pemerintah pusat. 
 
Menanggapi perihal adanya beberapa wilayah yang ingin bergabung ke DKI Jakarta, menurut Anies hal tersebut adalah kewenangan pemerintah pusat yang akan mengatur bagaimana tata kelola pemerintahannya. 
 
"Tentang status tata pemerintahannya itu prosesnya di pemerintah pusat. Bagi saya, apabila pemerintah pusat memutuskan ada perubahan dalam pembagian tata pemerintahan, kami akan taat. Tapi jika tetap seperti ini, kami juga akan taat," ujar Anies usai menghadiri rapat paripurna dengan DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8).
 
Namun Anies mengatakan, untuk kegiatan perekonomian di kota-kota penyangga DKI Jakarta sesungguhnya sudah saling terintegrasi satu sama lain sehingga tidak terlalu sulit untuk mengaturnya. 
 
"Secara perekonomian memang kawasan ini sudah terintegrasi, itu kenyataannya. Bahkan ketika kami menentukan upah sektoral itu melihat kesamaan antar wilayah," imbuhnya. 
 
Anies mengatakan, dalam setiap pertemuan dirinya bersama kepala daerah penyangga ibukota, hal yang perlu ditekankan adalah mengenai kualitas pelayanan publik.
 
"Dalam tata pemerintahan itu saya selalu sampaikan, kita ini sama-sama penyelenggara negara. Rakyat tidak boleh ada perbedaan, pelayanannya harus sama, pembangunannya harus sama," tutupnya. 
 
Sebelumnya dikabarkan Walikota Bogor Bima Aria mengusulkan pemekaran Provinsi baru yakni Bogor Raya yang terdiri dari Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cianjur, Depok, Kota Bogor, Karawang, dan Subang. 
 
Namun wacana tersebut mendapatkan penolakan dari Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang lebih memilih agar Kota Bekasi bergabung menjadi wilayah DKI Jakarta. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 601 Kali
Berita Terkait

0 Comments