Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 21/08/2019 18:09 WIB

Satpas SIM Raih Rekor MURI Berkat FIFO Integrated System

Jumpa pres Polres Metro Bekasi soal perapkan sistem layanan antrean terintegrasi FIFO
Jumpa pres Polres Metro Bekasi soal perapkan sistem layanan antrean terintegrasi FIFO
CIKARANG, DAKTA.COM - Kantor pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Kabupaten Bekasi, menerapkan sistem layanan antrean terintegrasi First In First Out (FIFO) untuk para pemohon SIM di wilayahnya.
 
Kapolres Metro Bekasi, Kombes Candra Sukma Kumara, mengatakan, Satpas SIM Polres Metro Bekasi yang saat ini sudah berada di Komplek Pemkab Bekasi juga telah tercatat dalam rekor MURI, sebagai Satpas SIM yang pertama kali menggunakan FIFO Integrated System.
 
"Dengan sistem ini seluruh informasi seperti berapa jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus dan tidak, serta jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) hari itu juga akan diketahui secara langsung," ujar Candra.
 
Candra menjelaskan, ada 11 zona terintegrasi dalam sistem ini di antaranya zona lobi dan informasi, zona registrasi, zona identifikasi, zona ruang pencerahan dan zona ruang uji praktik.
 
Kemudian juga ada zona uji keterampilan pengemudi atau ruang simulator, produksi perpanjangan SIM, zona transit, lapangan uji praktik, zona hasil pengumuman uji praktik, serta zona produksi SIM baru.
 
"Dengan adanya sistem tersebut juga memotong adanya potensi adanya praktik pungli yang ada dalam kepengurusan sim," ucap lulusan Akpol pada tahun 1995 ini.
 
Dalam sehari, kata Candra, pihaknya dapat melayani 200 pemohon untuk perpanjangan dan pembuatan SIM baru.
 
Untuk diketahui, gedung baru Satpas SIM Kabupaten Bekasi dibangun di atas tanah seluas 8.300 meter persegi. Gedung dua lantai ini memiliki luas 3.300 meter persegi sementara 5.000 meter persegi sisanya dipergunakan untuk lahan parkir dan lapangan uji praktik.
 
Gedung baru Satpas SIM Kabupaten Bekasi ini rencananya akan diresmikan oleh Kakorlantas Polri bersama Kapolda Metro Jaya pada Kamis (22/08) mendatang.**
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 419 Kali
Berita Terkait

0 Comments