Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 21/08/2019 09:09 WIB

Lurah Bekasi Jaya: Puluhan SMP Sejahtera Keracunan Makanan

Ilustrasi keracunan
Ilustrasi keracunan
BEKASI, DAKTA.COM - Lurah Bekasi Jaya, Ngadino membenarkan bahwa sekolah di wilayahnya mengalami keracunan tepatnya di SMP Sejahtera, Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur.
 
Ngadino mengatakan kronologi keracunan itu terjadi pada peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8) pekan lalu. Ketika itu ia mendapat laporan dari Puskesmas Bekasi Jaya bahwa sebanyak 39 siswa di SMP Sejahtera keracunan makanan yang diduga kadaluarsa.
 
"Sebanyak 39 siswa itu langsung dibawa ke Puskesmas Bekasi Jaya untuk mendapatkan pertolongan. Dari 39 itu, lima siswa dibawa ke RS Mekarsari," tuturnya kepada Dakta, Selasa (20/8).
 
Menurutnya, akibat keracunan makanan kadaluarsa para siswa itu mengalami mual dan muntah-muntah. Sehingga mereka harus istirahat yang cukup.
 
"Informasi dari kepala sekolah, para siswa diduga keracunan dari makan snack kacang. Tapi kalau diagnosa medis belum tau pasti kebenarannya, masih dalam pengecekan," ujarnya.
 
Ia mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dalam membeli makanan dan minuman dan jangan lupa memperhatikan masa kadaluarsanya.
 
Sebelumnya diberitakan, puluhan SMP swasta di Kelurahan Bekasi Jaya diduga mengalami keracunan kacang kemasan saat mengkomsumsinya pada peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia.
 
Pelaksana Seksi Kefarmasian Alkes Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Rudi Hartono, menjelaskan awalnya pihak sekolah membeli kacang dalam kemasan di salah satu toko makanan yang diperuntukan untuk menjadi snack siswa untuk memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia di sekolah.
 
Hanya saja terjadi kesalahan komunikasi antara pedagang dan sekolah, dimana pedagang sudah meletakan kacang yang kadaluarsa tersebut di salah satu sudut tokonya tetapi terbawa oleh pihak sekolah yang membeli kacangnya. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 161 Kali
Berita Terkait

0 Comments