Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 20/08/2019 15:50 WIB

Dahsyatnya Kekuatan Sedekah

Ilustrasi sedekah
Ilustrasi sedekah
DAKTA.COM - Manusia tempatnya dosa dan khilafah, untuk itu selalu dianjurkan untuk melakukan taubat setelah melaksanakan kemaksiatan. Salah satunya melakukan amal kebaikan dengan bersedekah.
 
Sedekah merupakan salah satu perkara yang paling cepat memadamkan dosa persis sebagaimana air ketika memadamkan api. 
 
Ketika seorang Muslim bersedekah biasakan diniatkan untuk diri sendiri, orang tua yang sudah meninggal dunia, sedekah untuk menutupi sholat yang kurang, serta menutupi makanan haram yang telah dimakan.
 
Karena sedekah itu salah satu amalan untuk menghilangkan dengan cepat dosa-dosa manusia.
 
Ketika manusia ingin berhijrah, ada hal-hal yang perlu dikerjakan, yakni melakukan kebaikan-kebaikan, menjalankan Sholat Taubat, dan memperbanyak  sedekah untuk membersihkan "karat" di tubuh kita oleh Allah. 
 
Terdapat dua sifat yang ada dalam diri manusia, yakni Bakhil dan Syuh. Bakhil artinya ia tidak pelit untuk dirinya sendiri tetapi untuk orang lain enggan untuk berbagi. Sedangkan, Syuh artinya untuk dirinya sendiri dan orang lain tidak mau berbagi.
 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Waspadalah dengan sifat ‘syuh’ (tamak lagi pelit) karena sifat ‘syuh’ yang membinasakan orang-orang sebelum kalian. Sifat itu memerintahkan mereka untuk bersifat bakhil (pelit), maka mereka pun bersifat bakhil. Sifat itu memerintahkan mereka untuk memutuskan hubungan kekerabatan, maka mereka pun memutuskan hubungan kekerabatan. Dan Sifat itu memerintahkan mereka berbuat dosa, maka mereka pun berbuat dosa.” (HR. Ahmad 2/195. Dikatakan Shohih oleh Syaikh Al Arnauth). Wallahu A'lam Bishawab (Fitri)
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 373 Kali
Berita Terkait

0 Comments