Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 19/08/2019 14:43 WIB

Unjuk Rasa di Manokwari, Gedung DPRD Papua Barat Terbakar

Gedung DPRD Papua Barat yang dibakar oleh oknum - Istimewa
Gedung DPRD Papua Barat yang dibakar oleh oknum - Istimewa
MANOKWARI, DAKTA.COM - Sekolompok massa dari mahasiswa, ormas, dan masyarakat turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi di Manokwari, Papua Barat pada Senin (19/8).
 
Aksi demonstran disertai dengan kerusuhan yang mengakibatkan gedung DPRD Papua Barat terbakar. Pemicu adanya aksi kerusuhan itu berdasarkan buntut dari aksi protes massa terhadap dugaan persekusi dan rasisme kepada mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.
 
Mahasiswa Universitas Papua (Unipa), Samuel mengatakan ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh peserta unjuk rasa, diantaranya meminta Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menarik ucapannya yang akan memulangkan mahasiswa Papua yang ada di Malang.
 
"Kemudian menuntut pemerintah untuk memperhatikan seluruh mahasiswa di Indonesia," ujarnya saat dihubungi Radio Dakta.
 
Massa unjuk rasa di Manokwari - Istimewa
 
Menurutnya, atas aksi tersebut Polisi memblokade sebagian jalan di sana, akibatnya akses jalan jadi terhalang.
 
"Tadi Wakil Gubernur Papua Barat turun langsung dihadapkan pendemo. Peserta yang unjuk rasa terdiri dari Solidaritas Himpunan Keluarga Maluku, ormas, mahasiswa. Warga-warga juga ikut keluar ke jalan," jelasnya.
 
Ia menyampaikan, diperkirakan massa yang melakukan unjuk rasa sekitar 8 ribu orang. Selain Gedung DPRD Papua barat dibakar, sebagian fasilitas publik juga ikut rusak akibat kerusuhan itu. **
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 378 Kali
Berita Terkait

0 Comments