Mutiara Hikmah /
Follow daktacom Like Like
Senin, 19/08/2019 09:27 WIB

Perbedaan Antara Azab, Ujian, dan Musibah

Ilustrasi ujian
Ilustrasi ujian
DAKTA.COM - Ternyata azab, ujian, dan musibah merupakan satu kondisi yang berbeda, yang mana Allah SWT berikan pada hamba-hamba-Nya.
 
Perbedaan itu terletak pada perbuatan dari masing-masing manusia dalam menjalankan kehidupan di bumi. Namun yang jelas dari ketiganya merupakan titik balik yang Allah berikan kepada manusia supaya kembali kepada Allah SWT. 
 
Azab
Orang yang Allah SWT timpakan azab adalah mereka yang berbuat maksiat dengan harapan mereka kembali ke jalan Allah.
 
Misalnya, ada seorang Muslim kaya raya tetapi sering berbuat maksiat. Atas kemaksiatannya itu Allah timpakan azab berupa penyakit yang tidak ada obatnya seperti kanker. 
 
Ketika datang penyakit, Muslim tersebut sadar atas segala dosa yang telah diperbuatnya sehingga ia pun sadar dan menghabiskan masa hidupnya dengan berbuat kebaikan di jalan Allah. Maka itu lah yang disebut azab.
 
Ujian
Ujian adalah sesuatu yang sifatnya bisa menyenangkan tetapi juga bisa menyulitkan. Artinya, kenikmatan juga bisa disebut cobaan dari Allah SWT.
 
Seperti halnya, kita punya harta banyak itu adalah ujian. Sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla berfirman: “Kamu benar-benar akan diuji pada hartamu dan dirimu” [Ali ‘Imran/3: 186]
 
Musibah
Sesungguhnya musibah itu sesuatu yang dibenci oleh manusia yang bisa berupa kehilangan, sakit, menderita, dan sebagainya.
 
Perlu diketahui bahwa ujian dan musibah itu adalah suatu hal yang ditimpakan kepada orang yang beriman yang merupakan bagian dari takdir Allah Yang Maha Bijaksana.
 
Allah ta’ala berfirman: “Tidaklah menimpa suatu musibah kecuali dengan izin Allah. Barang siapa yang beriman kepada Allah maka Allah akan berikan petunjuk ke dalam hatinya.” (Qs. at-Taghabun: 11). Wallahu A'lam Bishawab (Fitri)
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 338 Kali
Berita Terkait

0 Comments