Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 19/08/2019 07:58 WIB

Komisi VIII Minta Pengawasan Kuota Haji Ditingkatkan

Jemaah haji di Masjidil Haram
Jemaah haji di Masjidil Haram
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid meminta agar pengawasan dalam daftar tunggu haji juga lebih ditingkatkan. 
 
Sodik menyetujui adanya upaya diplomasi antara pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi terkait penambahan kuota haji mengingat daftar tunggu para jemaah haji asal Indonesia yang bahkan mencapai puluhan tahun. 
 
"Tapi bukan hanya penambahan kuota saja, melainkan juga pengawasan. Kuota bertambah itu bagus untuk mengurangi waktu tunggu, tapi pengawasan juga harus ditingkatkan," ungkap Sodik di Jakarta, Senin (19/8). 
 
Pasalnya ia menemukan kuota haji yang tidak terpakai di beberapa wilayah karena yang bersangkutan meninggal dunia. 
 
"Masih banyak yang tidak terpakai, semestinya kan bisa digunakan pada jemaah dalam daftar tunggu. Inilah yang saya bilang pentingnya pengawasan," imbuhnya. 
 
Jemaah haji asal Indonesia mulai pulang ke Nusantara setelah melaksanakan rukun Islam kelima di Arab Saudi. 
 
Kloter pertama jemaah haji yang tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu (17/8) kemarin pukul 22.15 WIB. 
 
Setelah tiba di Indonesia, para jemaah haji diimbau untuk memeriksakan kesehatan melalui Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jamaah Haji apabila ada gejala demam dan flu dalam waktu dua minggu. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 129 Kali
Berita Terkait

0 Comments