Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 17/08/2019 07:58 WIB

Diduga Tercemar Limbah, Ratusan Ikan Sapu-Sapu Mati di Kali Bekasi

Ratusan ikan sapu-sapu mati di Kali Bekasi (16/8)
Ratusan ikan sapu-sapu mati di Kali Bekasi (16/8)
BEKASI, DAKTA.COM - Ratusan ikan sapu-sapu yang berada di Kali Bekasi mendadak mati. Matinya ikan tersebut diduga karena limbah pabrik yang dibuang langsung ke kali tersebut.
 
Koordinator Lapangan Komunitas Peduli Informasi (KOMPI 887) Cikeas-Cileungsi-Bekasi, Eko Santoso, mengatakan banyaknya ikan sapu-sapu yang mati di Kali Bekasi tersebut diduga karena adanya limbah pabrik yang berasal dari Cileungsi terbawa masuk ke Kali Bekasi.
 
"Dugaan kami karena adanya limbah pabrik yang dibuang ke dalam kali dari daerah Cileungsi dan terbawa masuk ke Kali Bekasi," kata Eko, Jumat (16/8).
 
Dikatakannya, hal tersebut tampak sangat jelas disaat musim kemarau seperti ini, selain warna kali yang ada berwarna hitam pekat, ikan-ikannya pun tidak mampu bertahan akan adanya limbah tersebut.
 
"Kalau musim kemarau paling gampang dilihat, selain warna air kalinya yang hitam pekat, ikannya pun pada mati," jelasnya.
 
Terkait hal tersebut, dirinya sudah melaporkan temuan matinya ratusan ikan di Kali Bekasi ke pihak terkait agar segera diambil tindakan tegas dan limbah yang ada tidak merusak ekosistem yang ada di Kali Bekasi.
 
"Sudah kami laporkan temuan tersebut ke pihak terkait agar diambil tindakan tegas," ujarnya menambahkan.
 
Dikatakannya pula matinya ikan tersebut tidak diketahui sudah berapa lama dan jenis ikan yang mati hanya sapu-sapu dan tidak terpantau jenis ikan lainnya.
 
"Yang jelas kemarin pas mau ada kunjungan kok ikannya pada mati dan air kalinya berwarna hitam yang menyebabkan ikannya pada mati," tukasnya.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 241 Kali
Berita Terkait

0 Comments