Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 16/08/2019 18:56 WIB

Tingkatkan Kualitas Layanan, BPJS Kesehatan Perkuat Koordinasi dengan TKMKB

BPJS Kesehatan Cabang Bekasi melakukan pertemuan dengan TKMKB Kota Bekasi
BPJS Kesehatan Cabang Bekasi melakukan pertemuan dengan TKMKB Kota Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang optimal, BPJS Kesehatan Cabang Bekasi melakukan pertemuan dengan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) Kota Bekasi pada Kamis (23/05) lalu. 
 
Adanya pertemuan saat itu sebagai upaya BPJS Kesehatan guna untuk memastikan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada peserta berjalan maksimal maka dibentuklah tim TKMKB.
 
TKMKB memiliki tim kecil lagi didalamnya, yaitu Tim Koordinasi yang terdiri dari organisasi Profesi, IDI, PDGI, IAI, IBI dan PPNI, sedangkan dari Tim Teknis adalah seluruh Ketua Komite Medik Rumah Sakit kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Bekasi.
 
“Langkah BPJS Kesehatan dalam membuat tim ini sangat baik. Kami berterima kasih kepada BPJS Kesehatan telah menginisiasi kegiatan ini, karena dapat menunjang Program JKN-KIS untuk dapat berjalan optimal,” ujar Anthony D Tulak selaku Ketua TKMKB Kota Bekasi.
 
Anthony mengatakan pertemuan ini merupakan salah satu upaya dalam penyamaan persepsi tugas dan fungsi dari pelaku kesehatan di Indonesia. Menurutnya saat ini banyak ditemukan perbedaan persepsi mengenai kasus-kasus dilapangan oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini momen yang tepat bertemu dengan para ahli dibidangnya untuk mendapatkan pandangan yang jelas.
 
“Momen inilah yang tepat untuk membahas hal-hal yang masih belum kita pahami ataupun merefresh ilmu yang kita punya, karena disini berkumpul para ahli dibidangnya ataupun yang mempunyai ilmu di profesinya untuk bersama-sama kita bangun pemahaman yang sama sehingga pelayanan kesehatan di Indonesia bisa lebih baik lagi,” jelasnya.
 
TKMKB ini berorientasi pada Kendali Mutu dan Kendali Biaya serta tata kelola organisasi dan tata kelola klinis yang baik. Penyamaan persepsi tugas dan fungsi TKMKB juga memperhatikan beberapa aspek untuk menunjang Program JKN KIS, diantaranya efektivitas tindakan dan kesesuaian dengan kebutuhan pasien.
 
“Hari ini kita mengadakan pertemuan dengan TKMKB dilingkungan wilayah BPJS Kesehatan Cabang Bekasi yang salah satu tujuannya juga untuk mengurangi potensi kecurangan (fraud), penyamaan persepsi tentang dispute klaim dan banyak pembahasan lainnya,” kata Siti Farida Hanoum selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bekasi.
 
Hanoum menambahkan bahwa berbagai pihak berpotensi dalam melakukan kecurangan (fraud), mulai dari peserta, fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, maupun tidak menutup kemungkinan dari petugas BPJS Kesehatan.
 
“Dengan dilakukan pertemuan itu, diharapkan BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan dan TKMKB mendapatkan pandangan yang jelas mengenai kasus-kasus ataupun memahami regulasi mengenai penanganan kecurangan (fraud) dengan perspektif yang sama dan selain itu juga kita membangun system pencegahan kecurangan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” jelas Hanoum. **
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 263 Kali
Berita Terkait

0 Comments