Nasional /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 16/08/2019 12:07 WIB

Demi Pelayanan Publik, Presiden Jokowi Inginkan Birokrasi Sederhana

Presiden Jokowi menyampaikan pidato pada sidang tahunan MPR RI
Presiden Jokowi menyampaikan pidato pada sidang tahunan MPR RI
JAKARTA, DAKTA.COM - Presiden Jokowi menekankan pentingnya penyederhanaan birokrasi untuk tata kelola negara yang memprioritaskan pada kepentingan masyarakat. 
 
Dalam pidato keduanya dalam sidang bersama MPR RI siang ini, Presiden Jokowi menyampaikan agar prosedur pelayanan masyarakat lebih sederhana dan tidak lagi terlalu berbelit-belit dalam rangka pembenahan birokrasi yang memprioritaskan kepada hasil. 
 
"Tata kelola pemerintahan yang baik bukan diukur dari prosedur yang panjang dan prosedur ketat. Tetapi tata kelola pemerintahan yang baik tercermin dari prosedur yang cepat dan sederhana, yang membuka ruang terobosan- terobosan, dan mendorong lompatan-lompatan," papar Presiden Jokowi, Jumat (16/8).
 
Presiden Jokowi juga menuntut kepada seluruh penegak hukum untuk mampu melakukan pencegahan, bukan hanya berpaku pada penindakan sejumlah kasus yang terjadi.
 
"Penegakan hukum yang keras harus didukung. Penegakan HAM yang tegas harus diapresiasi. Tetapi keberhasilan para penegak hukum bukan hanya diukur dari berapa kasus yang diangkat dan bukan hanya berapa orang dipenjarakan. Harus juga diukur dari berapa potensi pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM bisa dicegah, berapa potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan," imbuhnya. 
 
Begitu juga pada masalah anggaran, Presiden Jokowi juga menginginkan penggunaan yang lebih efisien dibandingkan pada tahun sebelumnya.
 
"Realisasi anggaran bukan diukur dari seberapa banyak anggaran yang telah dibelanjakan tetapi diukur dari seberapa baik pelayanan kepada masyarakat, seberapa banyak kemudahan diberikan kepada masyarakat. Kemudian ukuran akuntabilitas pemerintahan jangan dilihat dari seberapa banyak formulir yang diisi dan dilaporkan tetapi seberapa baik produk yang telah dihasilkan. Anggaran negara harus sepenuhnya didedikasikan untuk rakyat," ujarnya. 
 
Pada hari ini, Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam tiga agenda dimana dua diantaranya sudah dilakukan yakni pada pembukaan sidang MPR RI pagi tadi, lalu dilanjutkan dengan pidato kenegaraan dalam agenda yang sama. 
 
Selanjutnya Presiden Jokowi akan menyampaikan laporan nota keuangan negara dalam rapat paripurna bersama DPR RI usai Sholat Jumat sekitar pukul 14.00 WIB. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 146 Kali
Berita Terkait

0 Comments