Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 15/08/2019 11:30 WIB

Anies Tegaskan Tidak Ada Eksklusivitas Atas Pulau Reklamasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
JAKARTA, DAKTA.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan tidak ada eksklusivitas dalam kepemilikan pulau-pulau reklamasi. 
 
Anies mengungkapkan alasan dirinya menggelar acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di salah satu pulau reklamasi karena ingin menunjukkan bahwa tanah yang berada disana adalah milik negara, bukan milik pribadi. 
 
"Untuk menyimbolkan bahwa ini adalah milik negara, bukan milik pribadi, maka kita menyelenggarakan upacara disana sebagai simbol bahwa tanah ini punya kita," tegas Anies. 
 
Anies memperingatkan bahwa tidak ada satupun pihak yang boleh melarang warga Jakarta untuk memasuki wilayah Pulau reklamasi karena terkesan eksklusif yang dimiliki oleh swasta. 
 
"Jadi ini adalah sebuah pesan, tidak ada wilayah eksklusif dan tertutup. Bahwa ini adalah milik kami, milik seluruh rakyat Indonesia," ujarnya. 
 
Atas alasan tersebut, ia menginginkan agar pelaksanaan upacara peringatan 17 Agustus 2019 digelar di salah satu pulau reklamasi.
 
Wacana Anies Baswedan untuk menyelenggarakan kegiatan upacara di Pulau Reklamasi bukanlah tanpa protes, salah satunya adalah Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono yang menilai bahwa kegiatan tersebut seolah-olah menjadi legitimasi penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Anies atas pulau tersebut meskipun masih bermasalah secara hukum. 
 
Gembong menyatakan akan lebih baik jika Anies menggelar upacara tersebut di Lapangan Monas yang juga mempunyai nilai historis tak kalah penting dibandingkan di Pulau Reklamasi yang masih bermasalah. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1002 Kali
Berita Terkait

0 Comments