Wawancara /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 14/08/2019 14:19 WIB

Nasdem Tolak Keras Pimpinan MPR RI Jadi 10 Orang

Sekjen Partai Nasdem Jhonny G Plate
Sekjen Partai Nasdem Jhonny G Plate
JAKARTA, DAKTA.COM - Sekjen Partai Nasdem, Jhonny G Plate menolak keras usulan penambahan pimpinan MPR RI menjadi 10 orang. 
 
"Kalau begitu, nanti sekalian saja DPD RI jadi 134 orang biar semuanya jadi pimpinan, lalu DPR RI jadi 9 orang dari masing-masing parpol. Apakah menyelenggarakan negara seperti itu?" tegas Jhonny di Senayan, pada Rabu (14/8).
 
Jhonny mengatakan, lembaga MPR RI bukanlah menjadi tempat untuk sekedar mengakomodir kepentingan politik dari parpol yang berbeda posisi ketika pertarungan Pilpres 2019 yang lalu. 
 
"Dengan adanya penambahan kursi pimpinan MPR RI dari lima menjadi delapan orang pada periode saat ini saja kinerja mereka sangat minim," jelasnya. 
 
Jhonny mengkhawatirkan jika usulan tersebut disetujui, maka hal tersebut akan terus terjadi di kemudian hari dengan dalih demi rekonsiliasi politik pasca Pemilu.
 
"Setiap ada pelebaran lembaga negara, ada konsekuensi pembiayaan. Nah apakah saat ini pembiayaan APBN mau digunakan hanya untuk membayar pimpinan lembaga ini?" tutupnya. 
 
Sebelumnya wacana mengenai penambahan jumlah pimpinan MPR RI berasal dari Wasekjen PAN, Saleh Partaonan Daulay. 
 
Menurut Saleh, penambahan itu bertujuan untuk mendinginkan dinamika perebutan kursi pimpinan MPR di antara parpol di parlemen, dimana rincian kursi pimpinan MPR RI tersebut 9 orang berasal dari masing-masing parpol yang lolos ke DPR RI dan satu orang dari unsur DPD RI. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 1315 Kali
Berita Terkait

0 Comments