Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 14/08/2019 10:03 WIB

Bamsoet Minta GBHN Dikaji Lebih Dalam

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menilai usulan pengembalian Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) harus dikaji lebih mendalam karena dinamika politik berubah sangat cepat. 
 
Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengaku usulan pembentukan kembali sebuah gagasan besar tujuan pembangunan bangsa seperti GBHN di zaman Orde Baru tidaklah mudah.
 
"Mengingat perkembangan zaman saat ini sehingga membuat perubahan politik, ekonomi, sosial, dan budaya secara global terjadi begitu cepat," tutur Bamsoet di Senayan, pada Rabu (14/8).
 
Bamsoet menjelaskan, pembentukan GBHN juga harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam beberapa puluh tahun ke depan. 
 
"Karena ini tentang haluan negara, maka semestinya harus mampu mengikuti perubahan pada masa yang akan datang, jadi ini perlu dikaji lebih mendalam dengan seluruh pemangku kepentingan," imbuhnya. 
 
Pembentukan kembali sebuah gagasan mengenai haluan negara seperti pernah dimuat dengan nama GBHN kembali mencuat dalam beberapa waktu belakangan ini. 
 
Latar belakang pengembalian GBHN bercermin karena selalu berubahnya visi, misi, dan tujuan pembangunan bangsa seiring dengan pergantian kepemimpinan baik di pemerintah pusat maupun daerah. 
 
Selain itu dengan konsep pemerintahan demokrasi seperti saat ini banyak terjadi miskoordinasi antara kebijakan di pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 143 Kali
Berita Terkait

0 Comments