Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 10/08/2019 11:39 WIB

Larangan Kantong Plastik, Pedagang Besek Banjir Order

Besek anyaman bambu
Besek anyaman bambu
JAKARTA, DAKTA.COM - Pedagang anyaman bambu mengaku kebanjiran order untuk penjualan besek sebagai wadah untuk distribusi daging kurban. 
 
Pada tahun ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan imbauan agar tidak menggunakan kantong plastik untuk mendistribusikan daging kurban. Hal ini membawa berkah bagi para pedagang anyaman bambu di kawasan Pasar Senen Jakpus. 
 
Salah seorang pedagang bernama Rizal mengaku tidak mengetahui tentang imbauan tersebut, namun ia merasa bersyukur karena pesanan besek anyaman bambu sangat melambung hingga mencapai 2000 buah per hari. 
 
"Iya, baru tahu (pelarangan kantong plastik). Makanya tahun ini banyak pesanan, itu kira-kira bisa seribu sampai dua ribu per hari," ungkap Rizal di kawasan Pasar Senen, pada Sabtu (10/8).
 
Rizal mengatakan permintaan besek bambu itu bukan hanya berasal dari Jakarta, bahkan hingga ke wilayah Tangerang dan Depok juga memesan dan memang kebanyakan berasal dari panitia kurban atau pengurus masjid.
 
"Dari luar daerah juga ada, tapi ini barangnya sudah banyak habis. Apalagi yang besek kecil itu order dari Jepara, baru datang sudah langsung dikirim lagi," imbuhnya. 
 
Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melarang warganya menggunakan kantong plastik sekali pakai untuk wadah distribusi daging kurban. Sebagai gantinya, Anies meminta Perumda Pasar Jaya menyediakan besek dari bambu. 
 
Anies mengatakan, besek bambu dipilih sebagai wadah daging kurban karena dinilai ramah lingkungan, dan mampu membantu ekonomi petani bambu dan perajin kecil di seluruh Indonesia.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 391 Kali
Berita Terkait

0 Comments