Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/08/2019 15:22 WIB

Distanikan Kota Bekasi Pastikan Hewan Qurban "ASUH"

Bincang Publik bersama Kepala Distanikan Kota Bekasi, H. Momon Sulaiman
Bincang Publik bersama Kepala Distanikan Kota Bekasi, H. Momon Sulaiman
BEKASI, DAKTA.COM - Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) memastikan hewan qurban yang dijual di wilayahnya sudah melalui pengecekan.
 
Kepala Distanikan Kota Bekasi, H. Momon Sulaeman mengatakan mulai dari H-15 Idul Adha, Wali Kota Bekasi telah menerjunkan petugas kesehatan untuk keliling memeriksakan kondisi hewan qurban yang dijual di tengah masyarakat.
 
"Kita pastikan hewan qurban itu sesuai dengan syariat yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal atau ASUH," ujar Momon dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Jumat (9/8).
 
Ia menegaskan kepada masyarakat baik penjual hewan qurban maupun pembeli atau pengurus harus memperhatikan betul kesehatan hewan qurban.
 
Menurutnya, petugas yang sudah memeriksa hewan qurban yang dijual, ditandai dengan stiker sehat yang dikeluarkan Distanikan Kota Bekasi.
 
"Tim yang sudah memeriksa hewan ke lapangan akan menempelkan stiker sehat di badan hewan. Pemeriksaan itu dilakukan agar mengantisipasi hewan yang bermasalah agar tidak berdampak pada kesehatan masyarakat," jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala UPTD Klinik dan Laboratorium Kesehatan Hewan Distanikan Kota Bekasi, drh. Sariyanti, M.Si menjelaskan hewan yang sehat salah satu indikasinya itu dari bulunya yang terlihat cerah dan aktif.
 
"Bulu hewan yang sakit itu terlihat kusam. Umumnya hewan qurban yang sakit itu mata merah dan diare. Tapi biasanya hewan yang dikirim dari luar daerah sudah melalui pemeriksaan dan laboratorium," ucapnya. 
 
Apabila masyarakat menemukan, tempat penjualan dan pemeriksaan  pemotongan hewan qurban di wilayah Kota Bekasi yang dirasa belum mendapatkan izin, kesehatan hewannya belum terjamin dan diperiksa, atau menemukan kejadian penyakit dan kematian hewan qurban, silakan menghubungi Hotline Qurban 0812-8323-8338 (WhatsApp/SMS)**
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 138 Kali
Berita Terkait

0 Comments