Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/08/2019 09:58 WIB

Konsep Desa Madani Ala HMI Bekasi

Peresmian desa binaan HMI cabang Bekasi
Peresmian desa binaan HMI cabang Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Bekasi, mengimplementasikan pengabdian di Desa Cilangkara, Kabupaten Bekasi, sesuai dengan tujuan HMI mewujudkan masyarakat adil makmur yang di Ridhoi Allah SWT. Bersama masyarakat setempat, HMI Bekasi akan menerapkan konsep Desa Madani.
 
"Konsep Desa Madani yang kita pahami secara umum menekankan ke aspek religiusitas dengan pendekatan sosial-kultural. Disana masyarakat berbasis agama Islam, sehingga pendekatan kita mengemas itu dengan gerakan Subuh Berjamaah," papar Ketua HMI Cabang Bekasi, Ahmad Mustopa Kamal dalam peresmian desa binaan HMI, Kamis (8/8). 
 
Selain gerakan Subuh Berjamaah, konsep Desa Madani juga menerapkan gerakan setop menggunakan HP dan TV pada pukul 18.00 sampai 20.00 karena akan diisi dengan mengaji khataman Al Qur'an yangg outputnya pada peningkatan akhlak dan peradaban warga sekitar.
 
Aspek yg ke dua Desa Madani menekankan pada aspek perkembangan perekonomian, HMI Cabang Bekasi mengemas kegiatan dengan pelatihan-pelatihan berbasis skil kreativitas seperti pelatihan pembuatan tempe dan tahu dengan sasarannya orang tua dan para pemuda-pemudi.
 
Kemudian mendaur ulang sampah kaleng menjadi hiasan pajangan dan menghasilkan nilai ekonomis yang menjadi sasarannya kepada pemuda-pemudi.
 
"Kedua alternatif ini kita dorong menjadi BUMDes desa setempat, mengingat pemerintah pusat menekankan setiap desa wajib mempunya BUMDes melalui dana bantuan desa tiap tahunnya," ucapnya.
 
Budi Nasrullah Ketua pelaksana melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program HMI Cabang Bekasi dan serangkaian semarak kemerdekaan republik Indonesia ke-74. 
 
"Kegiatan ini juga kita sampaikan ke pemerintah desa dan Pemerintah Kabupaten Bekasi serta mengundang unsur masyarakat Desa Cilangkara," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Ahmad Mustopa Kamal mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Cilangkara yang sudah memfasilitasi HMI Cabang Bekasi untuk melaksanakan kegiatan desa binaan. 
 
"Mudah-mudahan kehadirannya HMI bisa diterima oleh masyarakat Desa Cilangkara dan ada manfaatnya," pungkasnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afiifah
- Dilihat 298 Kali
Berita Terkait

0 Comments