Galeri Dakta /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 08/08/2019 13:06 WIB

Raih Kemuliaan Dzulhijjah, Ayo Qurban Bersama Dakta

Bincang Interaktif tentang Dakta Qurban
Bincang Interaktif tentang Dakta Qurban
BEKASI, DAKTA.COM - Ibadah qurban merupakan perintah langsung dari Allah SWT melalui Nabi Ibrahim AS yang diminta untuk menyembelih putranya Nabi Ismail AS.
 
Ibadah qurban itu berkaitan dengan keimanan dan ketaqwaan seorang hamba terhadap Allah SWT. Untuk itu menurut para ulama, qurban itu hukumnya wajib bagi mereka yang mampu.
 
"Banyak masyarakat yang salah kaprah kalau berqurban itu bagi yang mempunyai uang cash. Padahal kemampuan itu tidak mesti ada uang cash, tetapi dia yang punya mobil, tanah, dan sebagainya walaupun dia tidak punya cash dikategorikan sebagai orang mampu, artinya wajib berqurban," papar Pengisi Kuliah Fajar Radio Dakta, Ustadz Agus Muslim Pahlevi dalam Bincang Interaktif di Radio Dakta, Kamis (8/8).
 
Ia menekankan bahwa mereka yang mempunyai keimanan kepada Allah SWT pasti mereka akan menjalankan perintahnya dengan ringan tanpa hitung-hitungan, begitu juga dengan ibadah qurban.
 
"Rasulullah SAW dan para sahabat tatkala memilih hewan qurban pasti yang paling bagus dan gemuk, tentunya harganya semakin mahal. Jadi mereka yang memiliki keimanan yang tinggi maka jiwa bakhil [pelit] dalam dirinya akan hilang," ucapnya.
 
Menurutnya, ketika orang menyimpan hartanya dalam hati maka akan sulit mengeluarkan hartanya di jalan Allah. Namun sebaliknya, ketika dia menyimpan hartanya di tangan, pasti sangat ringan mengeluarkan hartanya.
 
Radio Dakta melalui Dakta Peduli memiliki program Sebar Qurban, Sebar Kebajikan untuk membantu saudara-saudara Muslim yang membutuhkan dan jarang memakan daging.
 
Ketua Dakta Peduli, Syifa Faradilla mengatakan pihaknya menyiapkan hewan qurban yang sehat dengan kualitas terbaik. Untuk tahun ini, Dakta Peduli akan menyalurkan hewan qurban ke wilayah pelosok.
 
"Kami mengajak masyarakat untuk menyalurkan hewan qurban melalui kita. Karena kita akan menyalurkan kembali hewan itu ke daerah pelosok di Muaragembong dan lokasi yang tidak jauh dari kita," katanya.
 
Seperti tahun sebelumnya, Dakta Peduli menyiapkan dua pilihan hewan, yakni sapi dan domba.
 
Untuk sapi dengan berat 290-310 kilogram harganya berkisar Rp21.000.000, lalu bisa patungan tujuh orang sebesar Rp3.000.000. Sedangkan domba dengan berat 33-35 kilogram sebesar Rp2.600.000.
 
Dakta Peduli bekerja sama dengan PT Agro Jaya Mulya yang berlokasi di Subang. Hewan qurban dari sana sudah dijamin kesehatannya dan berkualitas baik.
 
"Mungkin masyarakat berpikir berqurban di Dakta lebih mahal, sebenarnya ada hewan yang ukurannya lebih kecil tapi kita merasa pembagian dagingnya tidak banyak. Maka kita memilih hewan yang lebih besar, agar yang mendapatkan manfaatnya lebih banyak," jelasnya.**
 
 
 
 
Editor : Asiyah Afiifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 354 Kali
Berita Terkait

0 Comments