Program / Ensiklopedia Islam /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 07/08/2019 13:55 WIB

Bacalah Al-Qur'an

Bacalah Al-Qur'an (Foto/ Aria Aji)
Bacalah Al-Qur'an (Foto/ Aria Aji)

BEKASI, DAKTA.COM - Rekan dakta, sudah rutinkah kita membaca Al-Qur'an setiap hari? Ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapat jika membaca Al-Qur'an. Sebagaimana hadis riwayat Muslim:


Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: 
"seseorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala"

Adapun orang yg terbata bata dalam membaca Al-qur'an adalah yg berulang2 dalam membacanya sebab lemahnya hafalan maka baginya dua pahala yaitu pahala membaca dan pahala kesulitan dalam membacanya.

Tentu hadis tersebut merujuk pada firman-firman Allah di dalam Al-Qur'an, di antaranya:
Surah Al-Baqarah ayat 2-5, Allah Ta'ala berfirman:
 

Kitab  Al-Quran ini tidak ada keraguan padanya dan petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan sholat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat. Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Selain itu, dalam surah Al-Jasiyah ayat ke-20, Allah azza wa jalla berfirman: 

(Al-Qur'an) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.

Maka rekan dakta, mari giatkan untuk membaca Al-Qur'an, karena itulah petunjuk bagi kita umat muslim agar dapat mulia di dunia dan di akhirat, selain itu membaca Al-Qur'an dapat menjadi ladang pahala kita di dunia dan di akhirat. Wallahu a'lam bishawab

Editor : Andy Faizal
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 363 Kali
Berita Terkait

0 Comments