Galeri Dakta /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 07/08/2019 14:13 WIB
Dakta Qurban

Jangan Sembarangan, Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Hewan Qurban

Bincang Publik tentang Dakta Qurban
Bincang Publik tentang Dakta Qurban
BEKASI, DAKTA.COM - Menjelang hari raya Idul Adha umat Islam berbondong-bondong membeli hewan qurban untuk melaksanakan ibadah yang diperintahkan Allah SWT.
 
Namun, memilih hewan qurban tidak boleh sembarangan, lho. Karena harus memenuhi kriteria diantaranya sehat jasmani, tidak cacat, tepat usianya, dan memiliki bobot yang ideal.
 
"Tips memilih hewan qurban, kalau bisa jangan beli hewan di pinggir jalan, karena kondisi kesehatan hewan jadi kurang baik dan beresiko mengalami stres. jadi sebaiknya memilih hewan qurban langsung yang ada di kandang," tutur DPP Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia, Dana Vega Supriatna dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Selasa (6/8).
 
Menurut Direktur PT. Agro Jaya Mulia ini, hewan yang berasal langsung dari kandang, pakannya terjamin karena disediakan dengan bahan-bahan berprotein.
 
"Cara mendeteksi hewan itu sehat bisa mengecek di bagian mata, apabila dia belekan dan keluar air mata maka sebaiknya dihindari," ucapnya.
 
Kemudian, lanjutnya, calon pembeli harus mengecek belakang buntut hewan apakah ada bekas kotoran atau tidak, karena jika kotor maka kondisi hewan tidak sehat. "Bagian itu harus kering tidak boleh basah," ujar Dana.
 
Selanjutnya, perhatikan bulu hewan, kalau rontok maka hewan tersebut sedang sakit. Apalagi secara kasat mata hewan loyo dan tidak mau makan, itu harus dihindari.
 
Radio Dakta melalui Dakta Peduli memiliki program 'Sebar Qurban, Sebar Kebajikan.' Dakta Peduli menawarkan hewan qurban yang sehat dengan kualitas terbaik.
 
"Kita selalu rutin setiap tahunnya untuk menyembelih hewan qurban baik sebar hidup maupun potong sendiri. Untuk tahun ini, kita ada dua pilihan hewan, yakni sapi dan domba," kata Syifa Faradilla, Ketua Dakta Peduli.
 
Ia mengatakan, untuk sapi dengan berat 290-310 kilogram harganya berkisar Rp21.000.000 juta, tetapi bisa patungan tujuh orang sebesar Rp3.000.000 juta. Sedangkan domba dengan berat 33-35 kilogram sebesar Rp2.600.000.
 
Dakta Peduli bekerja sama dengan PT. Agro Jaya Mulia yang berlokasi di Subang. Hewan qurban dari sana sudah dijamin kesehatannya dan berkualitas sangat baik.
 
"Fokus kita tahun ini akan menyebarkan dagingnya ke saudara-saudara kita yang memang jarang memakan daging. Untuk itu kita mengajak masyarakat yang mau bersama-sama berbagi kebaikan bersama Radio Dakta dapat langsung menyalurkan lewat kami," tuturnya.
 
Dana menambahkan, hewan qurban yang dipilih Dakta Peduli sangat memenuhi kualifikasi tinggi karena beratnya melebihi standar ideal yang mencapai 35 kilogram untuk domba.
 
"Apalagi pengirimannya dilakukan pada H-1 dan pada hari H langsung disembelih.  Tentu kualitas dagingnya sangat fresh dan baik," imbuhnya. 
 
 
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 510 Kali
Berita Terkait

0 Comments